WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kenapa Harga Pertalite Tidak Turun ? Sedangkan Minyak Dunia Sedang Stabil

tampak saat masyarakat sendang membeli bbm jenis pertalite yang dimana sebagian masyarakat memakai bbm jenis pertalite tersebut (CNN Indonesia.com)

JAKARTA, JMI
– Pemerintah Indonesia masih belum juga menurunkan harga minyak bensin jenis pertalite walaupun minyak dunia sekarang sedang menurun, dan sementara harga bensin jenis pertamax sudah menurun yang sebelumnya Rp.14.500.- menjadi Rp.13.900.- per liter.

Untuk itu statmen dari Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menagatakan bahwa harga bensin pertalite bisa menurun jika harga minyak dunia turun dengan drastis.tetapi ia tidak bisa menjelaskan berapa harga yang akan di turunkan dalam penurunan harga bensin jenis pertalite tersebut.

“ Di karenakan pertalite bensinya yang bersubsidi dan di bawah harga ekonomi negara dan masih jauh harga keekonomianya, maka bensin jenis pertalite bisa saja turun jika minyak dunia turun dengan harga drastis ” tutur Tutuka Ariadji.

Selain itu pemerintah juga masih belum merevisi Pepres No.191 tahun 2014 tentang penyediaan dan pendistribusian harga jual minyak ecer. Perpres tersebut akan digunakan demi pembatasan pembelian jenis pertalite dan solar.

Menteri ESDM Arifin Tasfir mengatakan bahwa pembatasan pembelian jenis pertalite dan solar masih membutuhkan revisi dari Perpres No.191 tahun 2014 untuk di selesaikan.

“ masih butuh hasil proses revisi perpres No.191 tahun 2014, kan harus segera ada” tutur Arifin Tafsir.

Ekonom (indef) institute for development of economic and finance Abra Talattov mengatakan bahwa “minyak jenis pertalite bisa saja turun di saat harga minyak dunia turun  apalagi isu yang berkembang kan kenpa bensin jenis pertalite tidak bisa naik di karenakan harga minyak dunia yang sedang melambung tinggi ”

“ untuk itu saya pikir dalam konteks makro penurunan harga minyak mentah bisa menjaga pertumbuhan ekonomi negara , sementara pemerintah harus merespon dan memikirkanya dengan baik untuk menurunkan subsidinya ” ujar Abra..

Jika harga pertalite turun maka pemerintah konsisten dalam menerapkan kebijakanya sendiri bahwa harga jual bahan bakar yang bersubsidi sesuai dengan harga minyak mentah dunia.

Far/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jumlah Sampah 25 Ton Mengalir di Sungai Surabaya per Hari

Ilustrasi Sampah di Sungai  Surabaya JMI, Dinas Lingkungan Hidup Surabaya mencatat setidaknya 25 ton sampah dilaporkan mengalir di sungai w...