WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Mahfud MD : Peralihan Tv Analog ke Tv Digital Akan di Realisasikan Bulan November

Menkopolhukam Mahfud MD dan Menkominfo Johnny G. Plate menetapkan ASO akan direalisasikan pada bulan November/net

JAKARTA, JMI
– Menkopolhukam Mahfud MD memastikan tv analog ke tv digital dipastikan akan dilakukan pada bulan November, "Peralihan dari analog ke digital itu akan dilaksanakan bulan November dan dimulai secara bertahap karena masih beberapa hal disiapkan," ujar dia, di kantornya, Jakarta, Senin (24/10).

Meski demikian, ASO yang dilaksanakan pada November mendatang disebut belum bisa dieksekusi sepenuhnya.

Di acara yang sama tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate menyampaikan bahwa ASO pada bulan dua November baru bisa dilaksanakan sebanyak 222 di kota dan kabupaten termasuk 9 diantaranya di daerah jabodetabek kota maupun kabupaten.

"Dari 514 kabupaten kota di Indonesia yang akan dilakukan analog switch off saat ini pada 2 November, yaitu 8 kota dan Kabupaten di 4 wilayah siaran telah dilaksanakan analog switch off pada bulan April yang lalu," kata dia.

"Jabodetabek yang terdiri dari 9 kabupaten dan kota akan dilaksanakan analog switch off pada bulan November 2022 dan 173 kabupaten kota non teresterial service atau tidak ada layanan TV teresterial," lanjut Plate.

"Dengan demikian ada 222 kabupaten kota yang total analog switch off," imbuhnya.

Sebagai informasi, tenggat waktu migrasi TV analog ke TV digital di Indonesia adalah 2 November 2022. Tanggal tersebut merupakan tenggat akhir analog switch off (ASO) sesuai UU Cipta Kerja.

Johnny mengatakan alasan ASO belum bisa dilaksakan sepenuhnya adalah pembagian Set Top Box (STB) untuk keluarga miskin yang belum merata, padahal infrastruktur untuk pelaksanaan ASO sudah siap.

"Dari sisi infrastruktur multipleks tanggal 2 November keseluruhan infrastruktur multipleks sudah akan tersedia, baik yang disiapkan oleh penyelenggara mux yaitu televisi -televisi swasta yang sudah diberikan lisensinya maupun oleh pemerintah, Kominfo dan TVRI dari infrastruktur secara nasional sudah siap," tutur Johnny.

“disisi lain distribusi set topbox masih harus di sempurnakan” tambahnya.

Khusus wilayah jabodetabek set top box yang sudah di bagikan sudah mencapai 98,44% persen.

"Saat ini telah dilakukan pembagian set top box di wilayah Jabodetabek kepada 479 ribu keluarga yang dikategorikan miskin. Distribusi telah mencapai 98,44 persen dengan rasio pemerintah menyiapkan sebanyak 359.617 set top box dan seluruh penyelenggara multiplex menyediakan 112.484," tuturnya.

 

CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dongkrak Perekonomian Warga, Jalan Girimukti-Jatimulya Diperbaiki

MAJALENGKA, JMI - Ruas jalan Girimukti-Jatimulya yang berada di daerah Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka kini telah ke...