WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Notaris Paul Christian Terlibat Kasus Korupsi Di Jebloskan ke Sel Tahanan Oleh Kejaksaan Purwodadi


GROBOGAN JMI, 
Setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan pembayaran pembelian tanah pembangunan gudang Bulog di desa mayahan Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah tahun 2018 (Bulog II), akhirnya Paul Christian harus menerima kenyataan pahitnya untuk hidup dalam jeruji sel penjara. Jaksa Penuntut umum telah melakukan penahanan terhadap tersangka Paul Christian selama 20 (dua puluh) hari kedepan mulai sejak tanggal 20 Oktober 2022 sampai dengan 08 November 2022 di Lapas Kelas IIB Purwodadi.

Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Grobogan Frengki Wibowo, SH, MH melalui siaran Pers NOMOR : B-61/ M.3.41 /PERS /10/2022 pada Kamis siang 20/10/22 menyampaikan bahwa, tersangka Paul Christian selaku Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) hasil dari penyidikan ia dianggap melakukan  tindak pidana Korupsi secara bersama sama dalam Penyimpangan Pembayaran Pembelian Tanah Pembangunan Gudang Bulog Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan tahun 2018 (Bulog II).

Sebagaimana Laporan Hasil Penghitungan Kerugian Keuangan Negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, atas perbuatan tersangka telah mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp. 4.999.421.705,00 (empat miliar sembilan ratus sembilan puluh sembilan juta empat ratus dua puluh satu ribu tujuh ratus lima rupiah)


Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP, Subsidair: Pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP.

Diketahui bahwa, tersangka Paul Christian sempat mengajukan praperadilan. Dalam pengajuan tersebut Paul Christian berdalih jika dalam penetapan dirinya sebagai tersangka penyidik dinilai tidak cukup bukti. Namun pengajuan praperadilan Paul Christian telah ditolak oleh Hakim praperadilan Pengadilan Negeri (PN) Purwodadi Marolop Winner P. Bakara. dalam amar putusannya menolak permohonan praperadilan pemohon, yaitu tersangka Paul Christian.

Disisi lain beragam tanggapan masyarakat perihal korupsi pengadaan lahan tanah bulog di desa mayahan yang sudah melibatkan 2 orang tersangka yang saat ini sudah di tahan hal tersebut sebagai bentuk nyata upaya keras kejaksaan purwodadi dalam mengungkap kasus ini.

Menurut (Martono 43) Kasus pengadaan pembelian tanah dari bulog ini pastinya merupakan korupsi yang dilakukan secara berjamaah dan sudah tentu terencana,untuk itu kami warga masyarakat Grobogan meminta kejaksaan negri purwodadi bisa mengusut tuntas kasus korupsi bulog ,dan tidak menutup kemungkinan masih ada tersangka lain dalam kasus ini.ungkap salah satu warga saat di luar gedung kejaksaan purwodadi 


Heru Gunawan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dongkrak Perekonomian Warga, Jalan Girimukti-Jatimulya Diperbaiki

MAJALENGKA, JMI - Ruas jalan Girimukti-Jatimulya yang berada di daerah Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka kini telah ke...