WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemerintah Turun Tangan Tes RON Pertalite, Semua Selalu Diatas 90


JAKARTA, JMI
- Pemerintah turun tangan langsung mengetes kualitas Pertalite. Hasilnya sudah keluar dan mereka berjanji akan mengulanginya lagi.

Research Octane Number (RON) Pertalite beberapa waktu lalu dituduh turun. Ini diawali testimoni para konsumennya di internet yang merasa efisiensi konsumsi bensin kendaraan mereka kini merosot.

Lalu, belum lama ini, akun Twitter @yo2thok mengetes kualitas Pertalite dengan sebuah alat yang memperlihatkan RON-nya cuma 86, dari seharusnya 90.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), melalui keterangan resmi pada awal pekan ini, menyebut pihaknya sudah ke lapangan dan mengambil sampel bahan bakar minyak (BBM) tersebut dari beragam Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). 

Terdapat sampel dari SPBU Lenteng Agung, SPBU Taman Mini (2 SPBU), SPBU Abdul Muis, SPBU Sunter, dan SPBU S. Parman.

"Kami sudah mengukur mutu BBM dengan cara mengambil sampel dari beberapa SPBU dan itu masih berjalan terus. Fungsi kita memang melakukan pengawasan mutu," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji.

Sampel-sampel itu, lanjut dia, juga telah diserahkan kepada Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) untuk diuji.

Adapun acuannya ialah Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

"Kita uji di Lemigas dan ada 19 parameter uji. Jadi parameternya banyak dan ternyata dari sampel yang diambil di beberapa SPBU, termasuk sampel dari SPBU yang dikeluhkan masyarakat, ternyata semuanya on spec. Tidak ada yang off spec," pungkas Tutuka. 

Pemerintah, lanjut dia, bakal terus menggelar pengujian mutu Pertalite dengan mengambil sampel dari SPBU-SPBU lain. Hasilnya ia janjikan bakal tetap diinformasikan kepada masyarakat.

"Masyarakat yang memberikan masukan itu, kami dengarkan dan kami cek informasinya, lalu kami validasi. Fungsi kami sebagai pengawasan, tetap kami jalankan. Nanti akan kami sampaikan lagi apa hasil dari sampel yang diambil dari SPBU-SPBU itu," papar dia.

Kepala Lemigas Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Ariana Soemanto menambahkan hasil pengetesan sampel menunjukkan angka RON Pertalite selalu di atas 90. Rentangnya antara RON 90,1 hingga 90,7.

Mobil123/jmi/red

 

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dongkrak Perekonomian Warga, Jalan Girimukti-Jatimulya Diperbaiki

MAJALENGKA, JMI - Ruas jalan Girimukti-Jatimulya yang berada di daerah Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka kini telah ke...