WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Ratusan Rumah di Jatim Masih Banyak Yang Belum Menikmati Listrik

Nurkholis selaku 

 Kepala Dinas Sumber Energi dan Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Jawa Timur

JATIM, JMI – Nurkholis selaku Kepala Dinas Sumber Energi dan Sumber Daya dan Mineral (ESDM) mengatakan sekiranya ada ratusan ribu rumah tangga di jawa timur yang belum bisa menikmati pasokan listrik sekitar 444.782 rumah yang belum dapat pasokan listrik.

Padahal gubernur jatim Khofifah yang sudah menjabat dari tahun 2019 telah mengalokasikan anggaran untuk pemasangan listrik gratis.

“ Bahkan bukan bukan hanya menyambungkan listrik saja program gubernur jatim juga menginstalasi listrik milik warga dan di berikan token sebesar Rp.300.000.- “ ujar nurkholis

Nurkholis mengatakan bahwa anggaran alokasi pemasangan listrik gratis di tahun 2019 sebesar Rp.14,2 Miliyar untuk sekiranya 9.474 rumah tangga penerima program tersebut, lalu pada tahun 2020 pemeritah daerah mengalami penurunan biaya alokasi yang dimana pada tahun 2019 sebesar Rp.14,2 Miliyar kini di tahun 2022 menjadi Rp.1,7 Miliyar dengan tujuan untuk 1.115 penerima program.

“Penurunan anggaran terjadi karena adanya wabah Covid-19, sehingga anggaran Pemprov Jatim fokus pada penanganan Covid-19,” ujarnya.

Selanjutnya pada tahun 2021 pemerintah mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan listrik di daerah jawa timur sebesar Rp.1,8 Miliyar dengan sasaran sebanyak 1.112 rumah tangga, dan pada tahun 2022 anggaran untuk alokasi listrik tersebut sedikit meningkat menjadi sebesar Rp.4,8 Miliyar untuk 2.700 penerima program tanggap listrik ini.

“Hanya saja pemerintah kabupaten/ kota kurang begitu aktif melakporkan rumah tangga masyarakatnya yang belum teraliri listrik,” kata Nurkholis.

Nurkholis pun berharap agar pemerintah kabupaten/kota berperan aktif dalam memberikan data masyarakat di daerahnya yang belum teraliri listrik, agar persoalan tersebut bisa cepat tertangani. “ Dengan begitu jumlah rumah tangga yang belum teraliri listrik bisa terus berkurang ” ucap Nurkholis

 

Far/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

TNI AD Akan Salurkan Bantuan dari PT Adaro untuk Korban Gempa Cianjur

Jakarta JMI, Bersinergi dengan PT Adaro Energy Indonesia Tbk (Adaro) dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), TNI AD a...