WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Satgas TMMD Kodim 0605 Subang Ke 19 Bareng BPBD Sosialisasikan Siaga Bencana Alam Gempa Bumi di Desa Jalupang


Subang  JMI,
Upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan kepada warga  menghadapi terjadinya bencana alam terutama gempa bumi, membuat personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 115 Kodim 0605 Subang bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang menggelar sosialisasi Siaga Bencana Alam Gempa Bumi. di Desa Jalupang, Kecamatan Kalijati, Subang. Rabu (19/10/2022)

Penyuluh BPBD Kabupaten Subang, Komara Nugraha, mengatakan   bahwa sosialisasi siaga Bencana alam ini perlu digelar, agar para wargs memiliki kesiapan saat menghadapi bencana yang datang tanpa diduga. 

Edukasi bencana yang dilaksanakan di Desa Jalupang, Kabupaten Subang.ini sangatlah penting untuk masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai salah satu wujud kepedulian bersama, supaya mengerti cara mengatasi terjadinya bencana gempa bumi. 

Terlebih ancaman sesar Baribis, sesar Lembang dan sesar Cimandiri berpotensi di Kabupaten Subang,"Imbuhnya.

Lebih lanjut Komara menyampaikan bahwa “Kegiatan ini untuk membangun kesadaran warga tentang bencana, sekaligus meningkatkan kemampuan untuk menyelamatkan diri dari resiko ancaman bencana. Sehingga, dengan langkah antisipasi siaga bencana ini bisa meminimalisir atau menghindari adanya korban jiwa,” ujar Komara.


Sejumlah warga mengaku, mereka sangat berterima kasih dan mengucapkan rasa syukur atas dilaksanakannya kegiatan pembekalan ilmu pengetahuan tentang siaga bencana alam kepada para siswa. Sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan warga dapat menanggulanginya.,"ungkapnya.

Selanjutnya, di tempat terpisah Dan Satgas TMMD kw 115, Letkol Inf. Bambang Raditya melalui Dan SSK TMMD ke 115, Kapt. Alexgro Watulaga menyambut baik kegiatan penyuluhan terkait kebencanaan tersebut tentunya kegiatan tersebut salah satu program non fisik TMMD ke 115 di Desa Jalupang, sehingga MAsyarakat mengetahui spa yang harus dilakukan di saat ada bencana.

“Alhamdulillah Kamimerasa bangga dan senang dengan adanya kegiatan penyuluhan terkait bencana alamn dan salah satunya terkait gempa bumi, semoga warga masyarakat Desa Jalupang bisa mengerti apa yang di sampaikan dari pihak BPBD Kabupaten Subang terkait Kebencanaan,” jelas Kapt. Inf Alexgro Watulaga.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pembangunan MCK Diduga Tabrak Aturan Sehingga Menjadi Sorotan

TANGERANG, JMI -  Pemerintah kabupaten Tangerang melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Pemakaman (Perkim) memberikan pelayanan bagi...