WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Sejarah Hari Ini: Amerika Serikat Resmi Beli Alaska dari Rusia


 

JAKARTA, JMI - Pada 18 Oktober 1867, Amerika Serikat (AS) resmi mengambil Alaska setelah membeli wilayah itu dari Rusia sebesar 7,2 juta dolar atau kurang lebih dua sen per hektare. Masyarakat pribumi telah mendiami wilayah itu selama ribuan tahun.

AS membeli 586.412 ribu mil persegi wilayah Alaska, dua kali luas Texas. Pembelian ini didorong Menteri Luar Negeri William Henry Seward yang ekspansionis di bawah pemerintahan mantan Presiden Andrew Johnson.

Dikutip dari History pada Senin (18/10/2022), Rusia ingin menjual Alaska yang terpencil dan sulit dipertahankan ke AS dibandingkan harus kehilangan wilayah itu dalam perang. Negosiasi antara Seward dan Menteri Rusia untuk AS, Eduard de Stoeckl dimulai pada Maret 1867. Tapi rakyat Amerika yakin Alaska tandus dan tidak berharga.

Pembelian Alaska dikenal sebagai "Kebodohan Seward" dan "Taman Beruang Kutub Andrew Johnson" dan beberapa sebutan hinaan lainnya. Perlawanan terhadap proyek ini merupakan produk sampingan dari ketidakpopuleran Andrew Johnson. Presiden AS ke-17 itu berjuang melawan Republikan Radikal di Kongres mengenai kebijakan Rekonstruksi pasca Perang Sipil.

Ia kemudian dimakzulkan pada tahun 1868 tapi berhasil lolos dengan satu suara. Kongres akhirnya meratifikasi kesepakatan Alaska.

Opini masyarakat tentang pembelian itu berubah positif setelah ditemukannya emas di Nome pada tahun 1899. Penemuan ini memicu demam emas, Alaska kemudian menjadi negara bagian ke-49 pada 3 Januari 1959 dan kini dikenal dengan sumber daya alamnya yang berlimpah.

Kini 25 persen minyak dan lebih dari 50 persen boga bahari AS berasal dari Alaska. Negara bagian itu juga terbesar yang luasnya satu-perlima dari gabungan 48 negara bagian meski yang paling rendah tingkat kepadatannya.

Nama Alaska berasal dari alyeska dalam bahasa Aleut yang artinya tanah hebat. Alaska memiliki dua hari libur negara bagian.

Satu hari Seward yang dirayakan pada Senin terakhir bulan Maret untuk memperingati pembelian negara bagian itu pada 30 Maret 1867. Kemudian hari Alaska pada 18 Oktober untuk memperingati resminya wilayah itu menjadi milik AS.

rpb/jmi/red

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Terjadi Lagi Musibah Bencana Alam Tanah Longsor di Desa Cipayung Girang Wilayah Hukum Megamendung Kabupaten Bogor

Kab Bogor. JMI - Sekitar pukul 03:10 WIB, Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung dilanda bencana alam berupa tanah longsor...