WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Usai Longsor, Jembatan Margasana Banyumas Segera Diperbaiki

Bagian oprit sisi barat Jembatan Margasana di jalur selatan Jateng wilayah Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, longsor. ANTARA/HO-Polsek Jatilawang.


Purwokerto, JMI
- Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera memperbaiki Jembatan Margasana di Sungai Tajum, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang mengalami longsor. Kondisi tersebut terjadi pada oprit sisi barat dari arah Yogyakarta.

"Kebetulan Jembatan CH (Jembatan Margasana, red) ini masuk dalam penanganan penggantian Jembatan CH Jawa-Bali," kata Pejabat Pembuat Komitmen 2.2 Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Wangon-Banyumas-Buntu, M Seno Saputro, di Purwokerto, Banyumas, Selasa, 18 Oktober 2022. 

Seno mengatakan pihaknya akan berkomunikasi dengan pihak kontraktor pelaksana dan pada November direncanakan ada pekerjaan duplikasi jembatan di sebelah kiri Jembatan Margasana dari arah Yogyakarta menuju Wangon. 

"Karena kemarin ada curah hujan tinggi, terjadi longsor untuk oprit arah Wangon (dari Yogyakarta, red) sisi barat," jelasnya. 

Menurut dia pembuatan jembatan permanen atau duplikasi Jembatan Margasana diperkirakan membutuhkan waktu sekitar satu tahun. Sementara untuk penanganan darurat pada oprit yang longsor, masih akan dibahas lebih lanjut. 

"Apakah akan ditutupi terpal dulu agar air tidak masuk atau mau seperti apa, hal itu masih kami bahas," ungkap Seno.

Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas terkait dengan pengalihan arus kendaraan berat dari arah Yogyakarta maupun dari arah Bandung dan Jakarta.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kepolisian Sektor Jatilawang, AKP Wawan Dwi Leksono, mengatakan oprit Jembatan Margasana sisi barat tersebut pada pukul 06.30 WIB, Senin, 17 Oktober 2022, terlihat retak sekitar 20 sentimeter.

"Kami berinisiatif pasang rambu-rambu dan memberlakukan sistem buka tutup," katanya.

Menurut dia, retakan pada oprit tersebut terlihat makin parah pada pukul 03.00 WIB, Selasa, 18 Oktober 2022, hingga akhirnya longsor sepanjang 13 meter dengan lebar 5 meter atau setengah badan jalan pada pukul 06.00 WIB.
 
Sirun/den/mtr/jmi/red

 

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jendral Andika ; Kasus Paspampres Bukan Asusila Tapi Suka Sama Suka

Panglima TNI Jendral Andika Konfirmasi atas kasus asusila yang terjadi pada perwira menangah atas Paspamres di acara G20 Bali/net JAKARTA, J...