WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Hasil Penyelidikan Kasus Tragedi Kanjuruan Malang Komnas HAM Pagi Ini Menyerahkan Ke Jokowi

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik/net

JAKARTA, JMI
– Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan menyerahkan laporan hasil penyelidikan terkait tragedy yang terjadi di kanjuruan malang pada pagi ini (3/10).

Ahmad Taufan Damanik selaku ketua Komnas HAM menyebut hasil penyelidikan sudah di serahkan kepada Menko Polhukam Mahfud MD untuk di serahkan kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Sudah kita agendakan pukul 10.30 WIB di kantor Kemenko Polhukam," kata Taufan dalam konferensi pers, Rabu (2/10).

Ketua Komnas HAM tersebut menjelaskan penyerahan laporan akhir hasil itu merupakan amanat undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia.

"Jadi ini bagian dari amanat UU, laporan Komnas HAM terkait peristiwa pelanggaran HAM tertentu terutama yg penting itu harus disampaikan kepada presiden" ujar Taufan.

Taufan juga meminta kepada Kapolri Jendral Listyo SIgit Prabowo untuk menjalankan rekomendasi Komnas Ham, ia berharap hasil temuan Komnas Ham soal insiden tersebut dapat memberikan keadilan bagi seluruh korban.

"Kita harap kepolisian Pak Kapolri khususnya memastikan rekomendasi ini bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya sehingga ada keadilan kepada seluruh korban," ucapnya.

Hasil penyelidikan yang sekarang sudah di jalani oleh Komnas Ham menurutnya tragedy tersebut merupakan pelanggaran HAM.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menyebut terdapat penggunaan kekuatan yang berlebihan termasuk para pengaman menggunakan gas air mata di dalam stadion kanjuruan.

Terdapat system keamanan yang menyalahi aturan PSSI dan FIFA dengan keterlibatan Kepolisian dan TNI.

"Kesimpulannya adalah peristiwa Kanjuruhan merupakan pelanggaran HAM yang terjadi akibat tata kelola yang diselenggarakan dengan cara tidak menjalankan, menghormati dan memastikan prinsip dan norma keselamatan dan keamanan" kata Anam.

 

FAR/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pembangunan MCK Diduga Tabrak Aturan Sehingga Menjadi Sorotan

TANGERANG, JMI -  Pemerintah kabupaten Tangerang melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Pemakaman (Perkim) memberikan pelayanan bagi...