WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Hindari Tanaman Hias ini Agar Ular Tidak Bertamu !


Jakarta JMI,
Mempercantik perkarangan rumah dengan tanaman hias memang diperbolehkan, apalagi tanaman hias memang cantik-cantik membuat mata terasa nyaman melihatnya. Tapi tahukah kamu bahwa tidak semua tanaman hias "aman" ? Karena beberapa tanaman hias justru "mengundang" ular untuk bersemayam.

Ular merupakan salah satu hewan buas yang berbahaya bagi manusia. Cenderung galak apabila merasa terusik. Kalau ular sudah masuk rumah, terciptalah kehebohan.

Beberapa laman tanaman dan tumbuhan memaparkan jenis-jenis tanaman hias yang sebaiknya tidak ada di perkarangan rumah, diantaranya :

1. Tanaman yang berbunga

Ular sangat tertarik dengan tanaman yang berbunga, contohnya melati. Saat mekar, melati mengeliarkan aroma wangi yang menenangkan. Bukan berarti ular menjadikan melati sebagai makanan, tentu tidak. Tapi rimbunnya tanaman melati membuat ular betah untuk bersarang dan menunggu mangsa datang.

Tanaman melati justru menjadi sumber makana untuk hewan lain, yang merupakan hewan-hewan yang bisa dimangsa ular.

Selain melati, ular juga 'betah' bersemayam di tanaman cendana. Cendana adalah tanaman herbal yang teduh dan sejuk. Tidak hanya itu, ular juga cukup sering ditemukan meringkuk di dekat tanaman wijaya kusuma, morning glory, dan juga rosemary.

2. Tanaman perdu

Tanaman perdu yang bersemak dan rimbun, apalagi yang tumbuhnya rendah, adalah sarang terbaik untuk ular. Agar ular tidak bersarang di tanaman perdu, pakaikanlah kawat di sekitar tamanan tersebut.

3. Tanaman cedar atau aras

Tanaman cedar umumnya memiliki bentuk daun unik, ular menyukainya karena aroma daunnya. Tanaman ini berbentuk mirip seperti pohon cemara. Biasanya pohonnya tidak terlalu tinggi sehingga kerap ditanam di depan rumah.

4. Rumput tinggi

Rumput yang tinggi tau seperti rawa juga akan menarik perhatikan ular dan dapat menjadi tempat persembunyiannya. Maka dari itu, jangan lupa untuk memotong rumput dan pastikan tetap pendek.

Bisa juga menanam tanaman pengusir ular seperti bawang, serai, dan wormwood atau tumbuhan yang memiliki rasa pahit, sehingga ular tidak tertarik.


SR/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Maman Imanul HAQ Komisi VIII Fraksi PKB DPR RI, Implementasi UU NO 8 Th 2016 Disabilitas dan Cegah Bencana Alam, Serta Targetkan 100 Kursi di Pileg 2024

Subang JMI - Maman Imanul Haq anggota DPR RI komisi VIIl fraksi PKB, hadir di Subang dalam rangka menghadiri Hari Distabilitas ...