WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Peringatan Waspada Banjir Rob yang Akan Terjadi di Wilayah Jakarta Utara Pada 8-14 November

Isnawa Adji Kepala BPBD DKI Jakarta memberikan arahan kepada warga pesisir pantai untuk tetap berhati-hati dengan munculnya banjir Rob/net


JAKARTA, JMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan peringatan agar masyarakat mewaspadai potensi rob atau banjir pesisir di sembilan lokasi di Jakarta Utara.

Isnawa Adji Kepala BPPD DKI Jakarta mengatakan banjir Rob yang akan terjadi di wilayah Jakarta Utara diperkirakan berlangsung pada tanggal 8-14 November 2022.

"Potensi rob itu diperkirakan terjadi pada pukul 09.00-13.00 WIB" kata Isnawa.

Berdasarkan informasi yang kita dapatkan dari BMKG maritim tanjung priok potensi yang terdampak banjir Rob ada di wilayah Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, ancol, Kamal, Cilincing dan Kalibaru.

Untuk itu warga yang tinggal di wilayah yang di sebutkan oleh BMKG tersebut di himbau untuk terus waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut, yang bisa terjadi potensin banjir di pesisir.

"Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," kata Isnawa.

Selain Rob, BPBD DKI juga mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi di antaranya banjir, angin kencang, tanah longsor hingga pohon tumbang yang dipicu curah hujan tinggi.

Berdasarkan data BMKG, puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada Januari-Februari 2023.

Untuk mengantisipasi banjir rob dan banjir akibat curah hujan tinggi, BPBD DKI menggandeng Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan instansi terkait lain untuk penanganan bencana.

Selain personel, pihaknya juga menyiagakan ratusan pompa stasioner dan pompa keliling untuk menyedot banjir.

 

Far/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Maman Imanul HAQ Komisi VIII Fraksi PKB DPR RI, Implementasi UU NO 8 Th 2016 Disabilitas dan Cegah Bencana Alam, Serta Targetkan 100 Kursi di Pileg 2024

Subang JMI - Maman Imanul Haq anggota DPR RI komisi VIIl fraksi PKB, hadir di Subang dalam rangka menghadiri Hari Distabilitas ...