WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Korea Selatan Apresiasi Kerja Sama Dengan Indonesia Mengenai Proyek Pembangunan Infrastruktur Hijau Di IKN

Ilustrasi Gambar Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur Indonesia/net

JAKARTA, JMI
– Pemerintah Indonesia dan pemerintah Korea Selatan bekerja sama dalam pembangunan infrastruktur hijau di Indonesia, khususnya dalam proyek Ibu kota nusantara (IKN) di kecamatan sepaku kabupaten penajam paser utara kalimantan timur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono dan Menteri Lingkungan Republik Korea Han Wha Jin dalam bagian kegiatan di perhelatan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menindak lanjutkan  dari MoU yang sudah di tanda tangani pada 15 maret 2022 di Labuan bajo, Nusa Tenggara Timur.

"Kita sadar tidak mungkin kita bisa menghadapi masalah perubahan iklim sendirian. Kami sangat berterima kasih atas kerja sama Korea Selatan untuk pengembangan infrastruktur hijau ini" kata Basuki di Nusa Dua, Selasa (15/11).

Kerja sama infrastruktur hijau ini terdiri dari manajemen sumber daya air dan penyediaan air bersih, konstruksi bangunan efisiensi energi dan kota eco-smart. Termasuk di dalamnya identifikasi dan juga infrastruktur untuk adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Basuki menambahkan, pihaknya juga mengapresiasi rencana Korea Selatan untuk ikut berpartisipasi dalam membangun sistem penyediaan air bersih di IKN Nusantara yang akan mulai dibangun dua tahun lagi. “Rencananya konstruksi awal akan dimulai pada tahun 2024, namun kami berharap dapat dipercepat proses penyusunan rencana teknis rincinya, sehingga dapat dimulainya dibangun dari  instalasinya dahulu pada tahun 2023" ujar Basuki.

Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat RI berharap agar Pemerintah Korea dapat terlibat dalam persiapan sampai pelaksaan acara World Water Forum (WWF) ke-10 pada tanggal 18 sampai 24 Mei 2024 di Bali nanti.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan Framework Agreement 10th World Water Forum pada 10 November 2022, kerjasama Indonesia dengan World Water Council (WWC).

"Kami akan bekerja dengan cermat karena waktu persiapan kurang dari 2 tahun. Kami berharap Republik Korea dapat berpartisipasi aktif membantu kami dalam persiapan ini" ucap Basuki.

 

FAR/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Maman Imanul HAQ Komisi VIII Fraksi PKB DPR RI, Implementasi UU NO 8 Th 2016 Disabilitas dan Cegah Bencana Alam, Serta Targetkan 100 Kursi di Pileg 2024

Subang JMI - Maman Imanul Haq anggota DPR RI komisi VIIl fraksi PKB, hadir di Subang dalam rangka menghadiri Hari Distabilitas ...