WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Perkumpulan Advokat Betawi (PADI) Apresiasi BNPT RI Raih Rekor Muri Dunia

Komjen Pol Boy Rafli saat di Acara Parade Budaya Nusantara

JAKARTA, JMI - Rekor Muri yang diterima oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI sebagai catatan sejarah Indonesia. 

Parade Budaya Nusantara yang diinisiasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bersama kementerian/lembaga dan 60 organisasi perempuan dan sanggar seni di Indonesia.

Parade budaya dengan rute Sarinah-Thamrin-Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada hari Minggu (6/11/2022) ini.  diringi puluhan ribu perempuan yang mengenakan pakaian adat berbagai daerah.

Selain mendukung kebaya Indonesia sebagai single nomination di UNESCO, Kepala BNPT RI, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar mengatakan parade ini merupakan salah satu upaya penguatan akar budaya bangsa dalam mencegah radikalisme terorisme.

"Penguatan budaya adat nusantara yang akan kita lakukan akan memperlemah virus intoleransi, radikalisme dan terorisme, " jelasnya  Parade Budaya Nusantara di Sarinah, Jakarta Pusat.

Selain itu, Komjen Pol Boy melihat parade yang diikuti oleh 20 ribu orang tersebut mendorong peran perempuan dalam upaya pencegahan terorisme.

Menurutnya, Walaupun tergolong dalam kelompok yang rentan, Boy Rafli optimis kaum perempuan dapat melindungi keluarga dan komunitasnya dari ideologi dan aksi terorisme. 

"Program ini tidak lepas dari kaum ibu, sebagai pertahanan keluarga kami melihat peran perempuan untuk mencegah virus-virus itu pada keluarga dan masyarakat luas, " pungkas Kepala BNPT RI. 

Melihat prestasi yang diterima oleh BNPT atas Penghargaan Museum Rekor Dunia sebagai Parade Budaya Nusantara oleh Komunitas Terbanyak  menimbulkan respon postif dari kalangan intelektual. 

Salah satunya dari Pimpinan Kantor Pusat Perkumpulan Advokat Betawi (PADI)  Alf.Muh.Kurnia Ahyat, D.M., S.H. Menurut Kurnia Budaya sebagai ruang gerak untuk mempersempit ideologi transnasional paham radikalisme dan intoleran. 

"Kami sangat mengapresiasi BNPT yang sudah melakukan upaya pencegahan radikalisme dan terorisme melalui penguatan kebudayaan melalui perempuan red (seorang ibu), hal ini sebagai catatan sejarah bagi Lembaga Negara yang bisa menyatukan beragam budaya di indonesia ", ungkap Kurnia.

Kurnia berharap BNPT RI terus melakukan upaya upaya pencegahan radikalisme dan terorisme melalui pendekatan kultur budaya indonesia.

"Kami PADI sangat berharap BNPT terus melakukan pendekatan kepada semua elemen yang ada indonesia", Pungkasnya.

BISRI BMH/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jendral Andika ; Kasus Paspampres Bukan Asusila Tapi Suka Sama Suka

Panglima TNI Jendral Andika Konfirmasi atas kasus asusila yang terjadi pada perwira menangah atas Paspamres di acara G20 Bali/net JAKARTA, J...