WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Proving Ground Bekasi Bakal Jadi Yang Terbesar di ASEAN


BEKASI, JMI
- Melihat banyaknya produsen otomotif yang masuk ke Indonesia. Memperlihatkan bagaimana Tanah Air ini dianggap cukup menguntungkan bagi para raksasa otomotif dunia.

Oleh karena itu Kementerian keuangan Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), serta PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII melaksanakan penjaminan proyek infrastruktur dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dari kerja sama tersebut, tujuannya akan membangun Proving Ground Balai Pengujian Layak Jalan, dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa Kemenkeu selalu siap memberikan dukungan dalam mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, untuk bekerja sama menggunakan berbagai macam fasilitas pembiayaan inovatif, yang terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dari kementerian dan lembaga.

Dengan adanya fasilitas pengujian ini, diharapkan bisa meningkatkan aktivitas, yaitu mendukung industri otomotif Indonesia sehingga mampu menembus pasar internasional.

"Selain itu, memberikan jaminan keselamatan di dalam negeri dengan standar-standar otomotif yang memang sudah dibakukan baik pada level regional ASEAN maupun internasional," ujar Menkeu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa pengembangan kawasan Proving Ground Bekasi, melalui skema KPBU yang diusung Kementerian Perhubungan RI, dapat menghasilkan pengujian tipe kendaraan bermotor yang lebih akurat dan memenuhi standar internasional, sehingga akan meningkatkan aspek keselamatan kendaraan bermotor.

Dengan hadirnya Proving Ground sebagai fasilitas pengujian kendaraan terbesar se-Asia Tenggara ini, akan meningkatkan daya saing negara kita, karena uji coba produk otomotif bisa dilakukan di dalam negeri dan langsung bisa diekspor tanpa harus dilakukan uji coba kembali di luar negeri.

otod/jmi/red

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Polda DIY : Tidak Ada Penutupan Jalan Selama Acara Pernikahan Kaesang dan Erina

Dirlantas Polda DIY Kombes Alfian Nurrizal akan mementingkan aktivitas dan mobilitas sehari-hari masyarakat untuk itu Kepolisian tidak akan ...