WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Cegah percepatan penurunan Stunting, Asda 1 Lepas Tim Mupen Racing 5.0


Subang JMI,
Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Subang, H. Rahmat Effendi, S.Sos.,M.Si., menghadiri kegiatan Pelepasan Mupen Racing 5.0, bertempat di Halaman Pemda Subang. Jumat, (16/12/2022).

Mupen Racing 5.0 adalah kegiatan Advokasi Percepatan Penurunan Stunting melalui Media Lini Bawah, yaitu melalui Mobil Unit Penerangan KB yang melaksanakan Roadshow Ayo Cegah Stunting ke-5 dengan tema "1000 Kilometer, Promosi 1000 Hari Pertama Kehidupan".

Dalam laporannya, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Dr. Drs. Wahidin, M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan yang saat ini dilakukan merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan 5 tahun berturut-turut dengan tema yang berbeda-beda.

"Kebetulan kegiatan ini telah kami lakukan selama 5 kali, dan topiknya berbeda beda, Insha Allah perjalanan kali ini akan menempuh 1000 km dan sejalan dengan program 1000 hari pertama kehidupan."tuturnya.

Lebih lanjut Wahidin  menyampaikan bahwa Mupen (Mobil Unit Penerangan) merupakan salah satu sarana dalam kegiatan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) kepada masyarakat yang belum mendapatkan informasi mengenai KB melalui media media masif saat ini.

"Media sudah semakin banyak, terutama media sosial yang perkembangan sudah masif. Namun, Ternyata masih ada sekitar 23% masyarakat belum terpapar internet secara masif, ini merupakan celah bagi kita untuk memanfaatkan mobil penerangan untuk menjangkau wilayah tersebut."ungkapnya.


Sementara itu, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H. Rahmat Effendi menyampaikan untuk mendukung penurunan stunting, Bupati Subang menginisiasi program BAAS atau Bapak Asuh Anak Stunting, dimana setiap pihak menjadi orang tua asuh bagi anak stunting dan memberikan makanan bergizi serta edukasi untuk meningkatkan gizi anak stunting.

Selanjutnya H. Rahmat pun menyampaikan bahwa kegiatan yang kini dilaksanakan merupakan bentuk konkrit dalam upaya percepatan dalam penurunan stunting, dimana Mupen akan melintasi Rute Subang-Karawang.

"pada momentum yang luar biasa ini kami diberi kesempatan melepas tim Mupen Racing edisi kelima yang telah berlangsung sejak tahun 2019 sebagai media sosialisasi 1000 hari pertama kehidupan, hal tersebut merupakan bentuk konkrit dalam upaya percepatan penurunan stunting yang penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat dengan rute Subang-Karawang"papar H Rahmat Effendi.

H. Rahmat pun menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Subang akan mendukung penuh upaya yang dilakukan dalam percepatan penurunan Stunting demi Indonesia emas tahun 2045, yang juga akan menunjang pembangunan Subang di masa depan.

"Pemerintah Kabupaten Subang mendukung penuh segala upaya yang dilakukan oleh BKKBN perwakilan provinsi Jawa Barat Dalam rangka kampanye percepatan penurunan stunting. Insya Allah generasi Kabupaten Subang pada tahun 2045 akan mencapai generasi emas, yang terampil, yang selalu berinovasi, dan dalam pola kehidupannya yang menunjang sepenuhnya kepada percepatan pembangunan di Kabupaten Subang." ungkapnya.

Menutup sambutannya, H. Rahmat pun berharap Mupen mampu menjalankan tugas dengan baik dan lancar dalam upaya KIE kepada masyarakat terkait program-program BKKBN.

"Dengan melibatkan mobil unit penerangan sebagai media program bangga kencana, pembangunan keluarga kependudukan, keluarga berencana dan tentunya pencegahan stunting, diharapkan mampu mengedukasi masyarakat yang dilalui oleh Mupen dalam rute ini. Besar harapan kami, kegiatan ini dapat berlangsung dengan sukses dan lancar sampai tujuan selanjutnya serta KIE massa tercapai."jelas H.Rahmat Effendi.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan penyerahan secara simbolis kunci motor yang diserahkan kepada perwakilan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) dan pelepasan Tim Mupen Racing 5.0 oleh Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Rahmat Effendi bersama Kepala DP2KBP3A Subang dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala DP2KBP3A Subang, serta Tim Mobil Unit Penerangan KB Roadshow Ayo Cegah Stunting (Tim Mupen Racing 5.0).


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Usai Melindas, Purnawirawan Eko Tak Bawa Hasya ke RS

JAKARTA, JMI - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Hasya Attalah Syahputra (HAS) terlindas mobil yang dikemudikan oleh purnawirawan Polri,...