WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kodim 0605 Subang ,Gelar Upacara HUT Infanteri di Monumen Perjuangan 45 Cibuluh


Subang JMI,
  Pelaksanaan upacara peringatan hari Infanteri yang ke – 74,di pimpin langsung oleh komandan kodim 0605/Subang,Letkol inf.Bambang Rditya M,Han, bertempat di Monumen perjuangan 45 Kampung Ciseupan Desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang, Subang. Senin, (19/12/2022).

HUT ke-74 Korps Infanteri TNI AD yang diperingati setiap tanggal 19 Desember , Dengan mengusung tema “Infanteri Yang Modern dan Selalu Di Hati Rakyat”. Upacara tersebut diawali dengan kegiatan longmarch yang diikuti oleh seluruh korps infanteri yang bertugas di Kodim 0605/Subang. Mengambil titik start di depan Kantor Desa Cibuluh menuju Monumen 45 dengan jarak tempuh 5 KM.

Komandan Pussenif Letjen TNI Arid Rahman dalam amanat tertulis yang dibacakan Dandim Subang Letkol Inf Bambang Raditya M.Han., menyampaikan latar belakang historis lahirnya hari infanteri tidak terlepas dari keberhasilan perang gerilya di bawah komando Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Bahwa “Panglima Besar Jenderal Sudirman memimpin langsung para pejuang saat melawan Belanda pada waktu itu. Dengan menggunakan senjata tradisional dan perlengkapan perang yang terbatas, para pejuang kita mampu mengatasi tentara Belanda yang sudah memiliki senjata modern. Metode perlawanan yang diterapkan yaitu serbu dan lari (hit and run) berasal dari basis gerilya yang tidak mengenal waktu operasi’. Tutur Dandim Subang.


Lebih lanjut, Dandim Subang mengatakan bahwa dari peristiwa perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman dapat diambil nilai-nilai berupa jiwa nasionalisme, cinta tanah air, rela berjuang, pantang menyerah dan manunggal dengan rakyat. Nilai-nilai tersebut harus selalu terpatri dalam jiwa dan sikap serta perilaku setiap prajurit korps infanteri.

“Saya instruksikan agar seluruh prajurit Korps Infanteri mampu menjadi pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya. Selain itu, untuk selalu berdiri kokoh di atas pondasi jati diri prajurit sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan profesional. Selain itu, tingkatkan semangat jiwa korsa yang positif, namun jangan sampai terjebak dalam jiwa korsa yang sempit”. Pungkas Letkol Bambang.

Kegiatan upacara tersebut ditutup dengan pelaksanaan meminum air kelapa muda dan pemotongan tumpeng oleh Dandim Subang yang diserahkan kepada Perwira senior Kapten Inf Wiknyo Kusumah.

Setelah pelaksanaan kegiatan Upacara HUT ke-74 Korps Infanteri TNI AD selesai dilanjutkan pembagian Bansos kepada warga Kampung Ciseupan Desa Cibuluh serta kegiatan Karya bakti pembersihan sekitaran monumen perjuangan 45.


Agus Hamdan/JMI/Red

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Zulhas : Ancam Tutup Agen atau Pabrik yang Curangi Minyakkita Tak Main-main

Jakarta JMI, Keberadaan Minyakita langka di sejumlah daerah, termasuk di Kota Bandung. Harga minyak goreng bersubsidi itu juga sudah di atas...