WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Libur Nataru Sebanyak 11,5 Juta Kendaraan Masuk Jawa Tengah

diperkirakan sebanyak 11,5 juta kendaraan darat dari jawa barat sampai jawa timur akan memasuki wilayah jawa tengah pada saat libur natal dan tahun baru 2023/net


SEMARANG, JMI – Sebanyak 11,5 Juta Kendaraan diperkirakan akan masuk ke wilayah Jawa Tengah pada saat hari liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Volume kendaraan tersebut di dominasi oleh kendaraan roda empat dan roda dua yang akan memasuki wilayah provinsi jawa tengah.

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah Erry Derima Ryanto mengatakan angka tersebut didapatkan dari survey badan kebijakan transportasi kemneterian perhubungan (Kemenhub) menurutnya jumlah kendaraan yang akan masuk melonjak sebanyak 19 persen.

“Cukup tinggi ada 19 persen atau sekitar 11,5 juta yang akan masuk ke Jateng. Nanti didominasi oleh mobil pribadi dan sepeda motor” jelasnya.

Prediksi kendaraan yang masuk Jawa Tengah pada saat libur Natal dan Tahun Baru melalui jalur Darat bukan hanya dari Jawa Barat tetapi ada pula yang dari arah Jawa Timur.

“Yang masuk Jateng bukan hanya dari barat tapi ternyata juga dari timur. Artinya juga ada dari provinsi tetangga seperti Jatim yang akan masuk ke Jateng Jadi tujuan yang masuk ke Jateng masih tinggi” imbuhnya. Jumlah kendaraan yang akan masuk ke Jateng pun bermacam-macam dengan berbagai jalur.

Misalnya mobil pribadi melalui jalan tol, juga sepeda motor dan transportasi umum melalui jalanan umum. Lebih lanjut, Dishub Jateng sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan pada puncak arus lalu lintas saat Natal yang diprediksi terjadi pada 23 Desember ini.

Menurutnya, yang paling utama yaitu keselamatan kendaraan yang mengangkut penumpang. Rump chek atau inspeksi keselamatan kendaraan di terminal menjadi upaya Dishub Jateng untuk memastikan keselamatan penumpang.

“Untuk fokusnya adalah terkait dengan keselamatan armada kendaraan. Pertama kami melakukan rump chek. Itu sudah kami mulai. Ada 16 terminal tipe A di Jateng kemudian 22 terminal tipe B,” ungkap Erry. Tidak hanya rump chek, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan tes kesehatan kepada awak pengemudi dan penumpang.

Terkait hal ini, Dishub Jateng akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng dalam pemeriksaan kepada driver. Seperti pada terminal di wilayah Purwodadi, Bulupitu Purwokerto, serta terminal lainnya.


FAR/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Tidak lebih dari 10 Jam, Dua Pelaku Pembunuhan Diringkus oleh Polres Banjar

Banjar JMI, Polres Banjar Polda Jabar - Satuan Reserse Kriminal Polres Banjar Polda Jabar tidak lebih dari 10 Jam amankan pelaku Pembunuhan...