WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Penjelasan Ragunan Terkait Juve, Harimau Yang Viral Karena Kurus


JAKARTA, JMI
- Beredar informasi viral di media sosial, harimau di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, dalam keadaan kurus. Apa benar demikian?

Informasi soal harimau kurus di Taman Margasatwa Ragunan ini disampaikan Ketua Animal Defender Doni Herdaru lewat akun Instagramnya, diakses detikcom pada Sabtu (17/12/2022). detikcom sudah mendapat izin dari Doni untuk mengutip informasi ini.

"Video ini diambil hari Rabu, tanggal 14 Desember 2022," tulis Doni di akun Instagramnya, Jumat (16/12).

Terlihat dari video yang dia unggah, ada seekor harimau berjalan dengan kaki belakang dan pinggul kurus. Cara menapak kaki kanan belakang hewan loreng tersebut terlihat tidak lurus seperti kaki kirinya.

Penjelasan Ragunan

Doni Herdaru mempertanyakan penjelasan pihak Kebun Binatang Ragunan soal kondisi harimau yang dipelihara tersebut. Lantas, pihak Ragunan lewat akun @ragunanzoo kemudian memberikan penjelasan. Doni Herdaru juga mengunggah video penjelasan dari Ragunan.

"Kami ingin menanggapi video yang tengah viral mengenai salah satu harimau Benggala di Taman Margasatwa Ragunan," kata petugas Taman Margasatwa Ragunan dalam video tersebut.

Dia memberi penjelasan di depan kandang si harimau. Video juga merekam cara gerak harimau ini.

Harimau asal India yang viral tersebut bernama Juve, usianya 16 tahun alias sudah tua untuk ukuran harimau. Perawat harimau tersebut, dr Sulton, menjelaskan Juve sakit pada 27 November lalu, namun saat ini sudah pulih. 


Apakah harimau ini tergolong kurus?

Menurut penjelasan dokter perawat harimau Juve, harimau ini tidak kurus, namun memang sudah cukup tua. Rentang usia harimau di alam liar paling tua adalah 15 tahun, sedangkan usia harimau di penangkaran dan kebun binatang bisa sampai 20 tahun. Maka Juve yang berusia 16 tahun sudah cukup 'senior'.

"Untuk berat badan, Juve tergolong ideal. Dia sudah sembuh dari sakit tapi masih proses recovery," kata dokter hewan perawat Juve dalam video tersebut.

Video tersebut merekam gerakan Juve dari belakang, terlihat bagian tubuh belakang Juve ramping karena memang begitulah bentuk tubuh harimau. Ada kelainan tulang kaki kanan belakang Juve yang merupakan bawaan lahir, sehingga cara berjalannya agak geal-geol. Namun dia dinyatakan sehat.

"Apalagi Juve ada kelainan di kaki belakang, maka terlihat cekung. Jadi kita perlu melihat tulang costae (rusuk) juga, bukan hanya tulang pinggul," kata dokter hewan tersebut.

Ada ukuran tulang costae (rusuk) skala 1 sampai 5. Idealnya, harimau punya skor 3 sampai 5 untuk bisa dikatakan ideal. Juve mendapat skor 3 sampai 4 dan dinyatakan dokter hewan tersebut tidak menampakkan tulang costae yang menonjol. Artinya, Juve sebenarnya tidak kurus.

Juve setiap harinya menghabiskan 5 kg sampai 6 kg daging ayam dan sapi. Pada Sabtu, harimau ini puasa untuk menghindari risiko obesitas.

 

Sumber Detik

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jumlah Sampah 25 Ton Mengalir di Sungai Surabaya per Hari

Ilustrasi Sampah di Sungai  Surabaya JMI, Dinas Lingkungan Hidup Surabaya mencatat setidaknya 25 ton sampah dilaporkan mengalir di sungai w...