WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Presiden RI Joko Widodo Resmikan Bendungan Sadawarna, Bendungan Andalan Irigasi Tadah Hujan untuk Ladang dan Sawah di 3 Kabupaten di Jawa Barat

Subang JMI - Plt. Peresmian Bendungan Sadawarna oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.di hadiri Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil,PLT.Bupati Subang bersama Bupati Sumedang serta Bupati Indramayu Bertempat di Bendungan Sadawarna Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang. Selasa 27/12/ 2022.

Peresmian Bendungan Sadawarna dihadiri juga oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Marsekal (Purn.) Hadi Tjahjanto, Anggota Komisi V DPR RI Dedy Wahidi, Dirjen Sumber Daya Air Jarot dan tamu undangan lainnya.

Bendungan Sadawarna ini menjadi andalan pengairan irigasi untuk ladang dan sawah dan sawah tadah hujan yang ada di beberapa kabupaten seperti Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu serta Kabupaten Sumedang. Selain itu mendukung ketahanan pangan nasional dengan mensuplai air irigasi pada areal persawahan seluas 4284 Ha. Termasuk sebagai pengendali banjir di Jawa Barat, pemasok air baku sebesar 1.2 m3/ detik, menghasilkan listrik 2 MW serta sebagai salah satu destinasi wisata.
Presiden RI Joko Widodo Dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bendungan Sadawarna ini adalah bendungan yang ke 33 yang resmikan sejak 8 tahun yang lalu. Presiden RI Joko Widodo menambahkan, pengerjaan Bendungan Sadawarna telah menghabiskan Rp2,065 triliun, sehingga diharapkan dengan adanya waduk yang memiliki luas genangan 65 hektare ini, di wilayah Kabupaten sekitar bendungan sadawarna dapat lebih meningkatkan produksi padinya,"tuturnya.

Lebih lanjut presiden Jokowi mengatakan, “Pembangunan waduk Sadawarna yang dimulai pada tahun 2018 hari ini telah selesai dan segera kita resmikan. Dan kita tahu bahwa Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Subang merupakan surplus padi terbesar di Jawa Barat dan Indonesia, dengan adanya bendungan ini Insha Allah akan bertambah lagi produksinya di tiap tahun. Dan ketahanan pangan kita semakin baik, kemandirian pangan kita semakin baik itulah tujuan utama dari dibangunnya waduk selain waduk juga memang ada yang dipakai untuk wisata, pembangkit listrik dan penyediaan air baku” Ujar Pak Joko Widodo.

Sementara itu,"Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, penyumbang surplus beras terbesar se-Indonesia ranking 1 adalah Kabupaten Indramayu, dimana produktivitas padinya mencapai 1,3 juta ton pertahun dan dengan adanya Bendungan Sadawarna sangat optimis produksi padi di Kota Mangga bisa naik menjadi 1,8 juta ton pertahun. Begitu pula dengan produktivitas padi yang ada di Kabupaten Subang diharapkan bisa ikut meningkat juga,"ungkapnya.
“Atas nama masyarakat Jawa Barat yang terdampak positif dari hadirnya Bendungan Sadawarna, kami menghaturkan terima kasih Bapak Presiden karena Jawa Barat ini lumbung berasnya Indonesia” Ujar Ridwan Kamil.

Selanjutnya Plt. Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mengatakan, dengan keberadaan Bendungan Sadawarna ini yang akan mengalir melalui DAS (Daerah Aliran Sungai) Cipunagara yang melintasi dari Kabupaten Subang hingga Kabupaten Indramayu dapat mengairi pesawahan di daerah tersebut dan juga memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat sekitar. 

Dalam acara peresmian tersebut, turut hadir Pangdam III/Siliwangi, Kapolda Jawa Barat, Kepala Balai BBWS Citarum, beserta undangan lainnya.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Disperkim Kota Bandar Lampung Aprisiasi Sinergitas Program BSPS

BANDAR LAMPUNG, JMI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan pada tahun 2...