WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Terancam Punah, Lokasi Hiu Martil Berkembang Biak Ditemukan Ilmuwan


Quito, JMI -
Sebuah tim ilmuwan telah menemukan lokasi berkembang hiak bayi hiu martil di sebuah pulau di kepulauan Galapagos Ekuador, sebuah temuan yang dapat membantu melindungi spesies ini dari ancaman kepunahan.

Apa yang disebut surga bagi hiu martil, yang berumur kurang dari satu tahun, ditemukan di dekat Pulau Isabela, pulau terbesar di Galapagos, dan menawarkan perlindungan bagi hiu martil selama tahap kawin dan perkembangan awal.

"Penemuan tempat berkembang biak baru ini sangat penting, terutama bagi hiu martil," kata penjaga taman nasional Eduardo Espinoza dalam pernyataannya pada Jumat dari Taman Nasional Galapagos.

"Ini adalah spesies ikonik untuk Galapagos, tetapi berada dalam bahaya kepunahan yang kritis."

Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) menganggap hiu martil bergigi, spesies yang ditemukan di Galapagos, sebagai "sangat terancam punah".

Sebagian besar terancam oleh penangkapan ikan komersial dan permintaan sirip mereka, yang digunakan untuk membuat sup sirip hiu.

Para peneliti menghabiskan waktu berbulan-bulan menjelajahi dunia untuk kemungkinan lokasi pembibitan sebagai bagian dari program pemantauan hiu martil.

Para ilmuwan dengan taman nasional sebelumnya telah mengidentifikasi dua lokasi lain dengan karakteristik serupa di pulau-pulau terdekat.

"Kami berhasil memasukkan pembibitan ini ke dalam daftar kawasan penting untuk konservasi hiu, kategori perlindungan baru di bawah IUCN," kata Espinoza.

Para peneliti memantau pembibitan untuk melacak populasi hiu martil muda di area pembibitan dan mengikuti pola migrasi mereka.

Kepulauan Galapagos dengan satwa liarnya yang unik sangat penting bagi teori evolusi ilmuwan Inggris Charles Darwin. Ini adalah rumah bagi banyak spesies yang tidak ditemukan di tempat lain seperti kura-kura raksasa, kormoran yang tidak bisa terbang, dan iguana laut.

 

Sumber Beritasatu

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pengeroyokan Pemuda di Majalengka, Polisi tetapkan 5 Pelajar jadi Tersangka

Foto. detikjabar Majalengka JMI, Polisi berhasil menangkap 30 pelaku pengeroyokan yang terlibat dalam kasus pembacokan terhadap seorang pel...