WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Warga Cihaurbeuti Ciamis Keracunan Massal Bertambah Usai Santap Makanan di Hajatan

Ilustrasi, Sumber : VIVA/Muhammad AR

CIAMIS JMI,
Puluhan warga Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis mengalami keracunan diduga setelah menyantap makanan di acara hajatan pada Senin (19/12/2022).

Para warga tersebut langsung mendapatkan perawatan di Puskesmas Cihaurbeuti. Sampai dengan pukul 21.00 WIB Senin (19/12/2022) jumlah pasien sebanyak 30 orang.

Namun pagi ini Selasa (20/12/2022) sekira pukul 07.15 WIB jumlah korban bertambah menjadi 36 orang.

"Iya betul ada keracunan massal. Sampai pukul 21.00 WIB malam tadi itu ada 30 orang. Gejalanya muntah-muntah, kepala pusing dan diare. Jumlah korban keracunan makanan sampai dengan hari ini, Selasa (20/12/2022) pukul 07.15 WIB bertambah menjadi 36 orang" ujar Kepala Puskesmas Cihaurbeuti Usep Koswara saat dihubungi, Selasa (20/12/202).

Sampai saat ini pasien dapat tertangani, namun masih dalam pengawasan pihak Puskesmas Cihaurbeuti dan Tim Dinkes Ciamis.

RSUD Ciamis pun bersiaga jika ada kemungkunan jumlah korban keracunan bertambah lagi.

Untuk memastikan penyebabnya, tim kesehatan akan melakukan uji labolatorium terhadap makanan pada acara hajatan pernikahan.

"Nanti ada hasil labolatorium. Hari ini sudah dibawa ke Laboratorium Provinsi," ucap Usep.

Usep mengatakan, warga yang mengalami keracunan berasal dari dua desa di Kecamatan Cihaurbeuti, yaitu Desa Pamokolan dan Desa Sumberjaya.

Usep juga menjelaskan kronologi membludaknya pasien yang berdatangan ke puskesmas.

Awalnya Puskesmas Cihaurbeuti menerima laporan dari kepala Dusun Pamokolan ada lima warga yang mengalami muntah-muntah, diare, dan sakit kepala.

Setelah itu petugas puskesmas pun mendatangi rumah warga tersebut.

Ternyata dalam satu rumah ditemukan ada tiga orang yang mengalami gejala sama.

Tak hanya itu, kemudian ada juga informasi tetangga yang mengalami gejala serupa di dusun tersebut.

"Setelah ditanya, warga tersebut pulang dari hajatan nikahan. Informasi pun berkembang dan menemukan keluhan yang sama dari beberapa warga yang ikut ke undangan tersebut," kata Usep.

Petugas puskesmas pun mengambil langkah untuk membawa warga yang mengeluh mual, pusing, dan muntah ke IGD Puskesmas Cihaurbeuti menggunakan ambulans.

"Alhamdulillah perawatan terus dilakukan hingga saat ini dan kami ucapkan terima kasih kepada pak Camat, pak Kapolsek, pak Danramil, pak kepala desa dan seluruh muspika Kecamatan Cihaurbeuti yang membantu terus penanganan keracunan makanan di wilayah kerja Puskesmas Cihaurbeuti. Insyaa Alloh jadi amal kebaikan dunia akhirat," ujar Usep.


Trb/Zr/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Usai Melindas, Purnawirawan Eko Tak Bawa Hasya ke RS

JAKARTA, JMI - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Hasya Attalah Syahputra (HAS) terlindas mobil yang dikemudikan oleh purnawirawan Polri,...