WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Aktivitas Dieng Meningkat, Pj Bupati Banjarnegara: Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada


BANJARNEGARA, JMI
- Penjabat Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto meminta masyarakat tetap tenang, meskipun status Dieng meningkat menjadi level II (waspada).

"Terkait dengan hal tersebut diimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada," kata Tri melalui keterangan tertulis yang dikutip, Kamis (19/1/2023).

Meski demikian, Tri meminta masyarakat tidak mendekati atau beraktivitas di sekitar Kawah Timbang dan Kawah Sileri. Pasalnya, kawah tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik. "Masyarakat yang mau berkativitas untuk melakukan di siang hari," ujar Tri.

Rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) radius aman yaitu antara 500 meter hingga radius 1000 meter dari kedua kawah.

"Masyarakat diimbau tidak mendekati dan beraktivitas di sekitar Kawah Timbang dan kawah Sileri dalam jarak 500 meter hingga radius 1000 meter," jelas Tri.

Tri juga meminta masyarakat tidak terpancing isu terkait dengan aktivitas Gunung Dieng dan selalu mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sumber informasi yang akurat hanya dari PVMBG, BMKG, dan BPBD.

"Sehingga hanya ada satu kebenaran sumber informasi," kata Tri.

BPBD, pemerintah desa, TNI, Polri dan relawan senantiasa melakukan pemantauan.

Sementara itu, untuk obyek wisata lain seperti Candi Arjuna dan Kawah Sikidang, menurut Tri, tetap dibuka dan aman dikunjungi.

Diberitakan sebelumnya, PVMBG menaikkan status Gunung Dieng dari level I (normal) ke level II (waspada), sejak Jumat (13/1/2023) pukul 23.00 WIB.

 

Sumber Kompas.com

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Disperkim Kota Bandar Lampung Aprisiasi Sinergitas Program BSPS

BANDAR LAMPUNG, JMI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan pada tahun 2...