WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Buka Rapat Evaluasi BUMD, Tekankan Inovasi dan Kolaborasi Kunci Kemajuan Subang

Subang JMI - Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos.,M.Si hadir dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kinerja BUMD Semester II Tahun 2022, bertempat di Harper Hotel Purwakarta, Jumat (20/01/2023).

Mengawali rangkaian rapat tersebut, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Subang, dr. Nunung Syuhaeri MARS menyampaikan evaluasi BUMD ini meliputi segala aspek dengan tujuan BUMD Kabupaten Subang semakin baik dalam mengelola potensi yang ada di Kabupaten Subang. "Evaluasi meliputi peniliaian kinerja, kesehatan perusahaan, dan pelayanan. Capaian dan kendala untuk kemudian dibahas dan dicari solusi dengan harapan BUMD semakin berkiprah dalam mengelola potensi yang ada."tuturnya.

Lebih lanjut,"dr. Nunung menambahkan peluang bagi BUMD Subang masih terbuka lebar asalkan dilakukan sinergi antara BUMD dengan OPD Kabupaten Subang.
"Masih banyak peluang tapi BUMD harus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas serta bersinergi dengan OPD Kabupaten Subang dalam rangka meningkatkan PAD."harapnya.

Terkait kiprah BUMD Subang, dr. Nunung menyatakan acara ini adalah salah satu bukti sehatnya keuangan BUMD di mana acara rapat tersebut didanai secara mandiri oleh BUMD Subang dan berharap kiprah BUMD semakin meningkat di masa mendatang.

"Sumber dana kegiatan ini bukan dari APBD melainkan iuran dari BUMD Kabupaten Subang. Sekarang adalah bagaimana kinerja BUMD meingkat? Perda Investasi dan kepelabuhanan sudah diketok palu di DPRD hanya menunggu dari Provinsi. Semoga dapat terwujud sehingga BUMD semakin semangat dalam bekerja setelah memiliki payung hukum. Diharapkan di masa mendatang BUMD Kabupaten Subang semakin maju."ungkap Dr Nunung syuhaeri mars.
Selanjutnya, Ketua Forum BUMD Kabupaten Subang, Bobby Kaherul Anwar, menyatakan hanya di era Bupati Subang kang jimat lah BUMD Subang dapat berdaya dan memiliki nilai manfaat lebih bagi masyarakat karena keberpihakan Pemerintah kepada BUMD yang bukan isapan jempol belaka.

"Membangun paradigma baru BUMD Kabupaten Subang yang dipimpin oleh Bupati Subang H.Ruhimat ,sehingga memiliki nilai manfaat lebih untuk masyarakat Subang. Pemerintah hari ini, keberpihakan ke BUMD bukan hanya membangun kultur tetapi keberpihakan."Tuturnya.

Terkait kinerja BUMD Subang, Bobby bersyukur karena pada tahun 2022 target telah tercapai dan menyatakan siap menyambut tantangan baru di tahun 2023 dan optimis akan kembali mampu mencapai target dengan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

"Target PAD adalah memenuhi keinginan Kang Jimat dengan target tahun 2022 sudah tercapai dan tahun 2023 menjadi tantangan baru bagi kami. Kinerja teman-teman di tahun 2023 sangat disorot. Insyaallah dengan semangat dan kerja keras serta ruang yang dibuka oleh Kang Jimat untuk berpartner dengan pihak lain, dan ada Perda yang akan disahkan, akan menjadi ruang terbuka bagi peningkatan PAD sesuai keinginan Pak Bupati."paparnya.
Di akhir sambutannya, Bobby menjuluki Kang Jimat sebagai 'Panglima BUMD Subang' yang selalu mengajak untuk berlomba dalam kebaikan sebagai upaya terwujudnya Subang yang lebih baik di masa mendatang.
"Prinsip kami hadir hari ini adalah fastabiqul khairaat berlonda dalam kebaikan dengan panglimanya adalah Pak Bupati. Mudah-mudahan kerja keras kita untuk Subang yang lebih baik dapat terwujud yang nantinya akan dinikmati oleh anak cucu kita. Tidak banyak Kepala Daerah yang demikian mendukung BUMD tanpa intervensi Bupati dalam setiap kegiatan dan kerja samanya."ungkap ketua BUMD kabupaten Subang,Bobby Khaerul Anwar.

Bupati Kabupaten Subang H. Ruhimat  dalam arahannya menyampaikan dengan tegas menyatakan komitmennya untuk tidak pernah lelah dalam memperjuangkan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Subang 
"Saya tidak akan lelah dalam berjuang untuk rakyat. Saya tidak akan capek demi kepentingan rakyat Subang."tuturnya.

Bupati Subang menghaturkan terima kasih kepada Forum BUMD Subang karena selalu mampu menerjemahkan keinginannya dan rakyat Subang.

"Terima kasih kepada Forum BUMD yang menjiwai apa yang ada di benak saya dan keinginan rakyat. Saya ingin betul-betul di semua lini on progress menuju kebaikan."harap nya.

Dalam Rapat Evaluasi tersebut Bupati Subang H.Ruhimat kembali mengingatkan tujuan dibentuknya BUMD adalah untuk meningkatkan PAD Kabupaten Subang demi kesejahteraan masyarakat sehingga dibutuhkan inovasi dan kolaborasi dengan semua pihak.

Apa sih yang menjadi roh BUMD? Tentunya lembaga yang dibentuk menjadi salah satu alat meningkatkan PAD. Kenapa PAD perlu ditingkatkan? Kita membangun selain dari Dinas Pendapatan, andalan saya ya BUMD. Atas nama rakyat menghaturkan terima kasih kepada BUMD Subang karena selalu on progress dalam rangka perbaikan. Bagaimana berinovasi, berkolaborasi untuk menjadi andalan kebanggan Pemerintah Daerah maupun rakyat Subang dalam rangka meningkatkan pendapatan."paparnya.
Bupati menambahkan, Pemerintah Daerah tidak akan berhenti mendukung BUMD Subang salah satunya dengan adanya Raperda BUMD agar BUMD Subang semakin maju. Namun, Dirinya juga berpesan agar BUMD tidak berpuas diri atas apa yang telah diraih.
"Kami Pemerintah Daerah mendukung untuk bagaimana BUMD bisa lebih maksimal dengan hasil yang cukup lumayan. Insyaallah perda BUMD untuk meingkatnya dan meluasnya peluang akan disahkan. Nampaknya kita tidak boleh puas sampai di sini. Sekalipun perjuangan sudah sedemikian rupa, kami tetap berharap adanya inovasi baru terlebih dengan perkembangan yang ada di Kabupaten Subang yang menumbuhkan optimisme sesuai tupoksi BUMD masing-masing."ungkapnya.

Menutup arahannya, Bupati Subang H.Ruhimat menekankan segala potensi yang ada di Kabupaten Subang hanya akan menjadi percuma apabila tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

"Mohon doa restu Tangkuban Parahu maupun Ciater BUMD kita harus ikut serta mengelola. Sedang dibuka pintunya untuk BUMD. Jangan hanya mengandalkan Pemerintah Daerah. Ayo kita berkolaborasi. Inovasi dan baca potensi yang ada di hadapan kita. Karena kalau tidak cerdas membaca dan menggali potensi, nampaknya kita akan tetap ketinggalan." Ungkap Bupati Subang H.Ruhimat.

Acara dilanjutkan dengan ekspos dan pendalaman laporan BUMD Kabupaten Subang yang dipimpin oleh Tim Panelis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Direksi dan Komisaris seluruh BUMD Kabupaten Subang, Kepala Baguan Perekonomian Setda Kabupaten Subang, dan tamu undangan lainnya.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Disperkim Kota Bandar Lampung Aprisiasi Sinergitas Program BSPS

BANDAR LAMPUNG, JMI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan pada tahun 2...