WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemkab Tangerang Ciptakan Aplikasi Perpustakaan Digital iTangkab


Tangerang, JMI
- Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut kita untuk selalu berinovasi dalam mengikuti perkembangan zaman. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), tingkat literasi, dan minat baca masyarakat. Upaya tersebut diimplementasikan melalui aplikasi perpustakaan digital bernama iTangkab

Kepala Bidang Deposit, Pengembangan dan Kerjasama Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, Mochamad Iljas menjelaskan, Inovasi layanan perpustakaan ini sejalan dengan perkembangan teknologi. Perpustakaan digital ini disediakan untuk masyarakat yang ingin memperoleh informasi dan data.

“Perpustakaan digital ini hadir sebagai salah satu jawaban terhadap kebutuhanan akan data dan informasi, apalagi di era transformasi digital saat ini yang dimana semua aktivitas dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui pemanfaatan teknologi digital. Karena itu, Pemkab Tangerang turut berinovasi dengan menghadirkan perpustakaan digital yang diharapkan dapat menyediakan kebutuhan informasi untuk para penggunanya,“ ucapnya pada Kamis (19/01/2023).

Iljas juga menjelaskan, wilayah Kabupaten Tangerang yang luas juga melatarbelakangi inovasi layanan perpustakaan melalui aplikasi iTangkab ini. Dalam aplikasi ini juga terdapat ribuan buku yang dapat diakses oleh pengguna. 

Untuk cara mengoperasikan aplikasi ini, pengguna cukup mendownload aplikasi iTangkab di HP melalui Google Play Store. Setelah terinstal, pengguna lalu diarahkan untuk melakukan registrasi menggunakan email atau akun sosial media. Setelah itu pengguna bisa memilih dan meminjam/membaca buku langsung melalui aplikasi iTangkab. Buku yang telah dibaca, dalam waktu 3 hari secara otomatis akan dikembalikan. Pengguna dapat meminjam kembali jika buku tersebut tidak sedang dipinjam pengguna lain.

“Agar perpustakaan dapat menjangkau seluruh masyarakat terutama yang letaknya jauh dari perpustakaan, sehingga walaupun jauh dari perpustakaan, masyarakat tetap dapat membaca buku dengan mudah,” ujar Iljas.

Ia berharap, kehadiran Perpustakaan Digital iTangkab ini dapat menumbuhkan minat baca dan mengakselerasi penyebaran informasi. Sehingga, kehadiran aplikasi iTangkab ini diharapkan dapat menambah wawasan serta ilmu yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu bagi warga masyarakat diwilayah Kabupaten Tangerang bahkan di Indonesia.

“Masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi secara cepat. Kehadiran perpustakaan digital ini juga dapat menjangkau masyarakat yang lokasinya jauh sehingga masyarakat tersebut tidak perlu datang langsung ke perpustakaan untuk membaca buku,” pungkasnya.

 

Sumber Web Terpadu Kab Tangerang

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jumlah Sampah 25 Ton Mengalir di Sungai Surabaya per Hari

Ilustrasi Sampah di Sungai  Surabaya JMI, Dinas Lingkungan Hidup Surabaya mencatat setidaknya 25 ton sampah dilaporkan mengalir di sungai w...