WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kapolda gorontalo Buka Kegiatan Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap 1Tahun 2023


Gorontalo JMI,
Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, S.H, S.I.K., M.Si, menghadiri sekaligus membuka pelaksanaan taklimat awal audit kinerja tahap I Itwasda Polda Gorontalo T.A 2023 aspek perencanaan dan pengorganisasian di aula Titinepo Polda Gorontalo. Selasa (21/02/2023)

Adapun yang hadir pada kegiatan tersebut, yakni Irwasda, seluruh Pejabat Utama (PJU), dan Kapolres/Ta jajaran Polda Gorontalo, kegiatan ini juga diikuti oleh para Waka Polres, serta seluruh PJU tingkat Polres melalui zoom meeting disatuan masing-masing.

Mengawali sambutannya, Kapolda Gorontalo mengatakan bahwa audit kinerja yang akan dilaksanakan oleh Irwasda Polda Gorontalo merupakan program prioritas Kapolri ke-15 yaitu penguatan fungsi pengawasan, hal ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program dan anggaran pada bidang operasional dan pembinaan mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam rangka tata kelola yang baik dan pemerintahan yang bersih, sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengadilan Intern Pemerintah (SPIP) serta Perpol Nomor 1 tahun 2021 tentang audit kinerja dan audit dengan tujuan tertentu dilingkungan Polri.

“Diharapkan audit kinerja ini dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola terselenggaranya tugas Kepolisian serta dapat memberikan keyakinan dalam pencapaian tujuan Polri” tambahnya.


Jendral Bintang Dua ini juga mengharapkan dengan dilaksanakannya audit kinerja Itwasda Polda Gorontalo kiranya aparat pengawasan intern pemerintah atau APIP mampu meminimalisir penyimpangan sedini mungkin, memberikan koreksi, konsultasi dan saran perbaikan yang mampu diimplementasikan serta mampu mendorong terwujudnya peningkatan tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (PRESISI).

“Saya berharap kepada Irwasda bersama jajaran selaku APIP dilingkungan Polda Gorontalo agar tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip auditing, serta kode etik auditor demi kemajuan organisasi dan keberhasilan kita bersama,” ujarnya.

Kemudian, kepada Satker Auditi, saya harap untuk terbuka memberikan data, dokumen dan informasi yang diminta tim audit, agar diketahui kekurangan dan permasalahan yang ada dimasing-masing satker guna mencari solusi dan perbaikan untuk kemajuan kesatuan Polda Gorontalo yang kita cintai ini.

Sementara itu, Kapolda Gorontalo menegaskan apa yang menjadi temuan diwasrik terdahulu, harapan saya Kasatker sudah menindaklanjutinya dan ini sudah selesai, komunikasikan, konsultasikan apa yang menjadi permasalahan, apa yang seharusnya, bagaimana yang semestinya, dan bagaimana cara memperbaikinya, agar ditanyakan sehingga nanti tahap II aspek pelaksanaan dan pengendalian, itu menjadi lebih baik lagi.

“Saya yakin dengan kerja sama ini, maka akan menghasilkan tujuan organisasi yang diharapkan yaitu organisasi yang bersih dan bebas dari KKN serta menjadikan kita sebagai aparat hukum yang profesional dibidang tugasnya” Ucap Irjen Pol. Helmy Santika mengakhiri sambutannya


Lukman Tahir/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Terjadi Lagi Musibah Bencana Alam Tanah Longsor di Desa Cipayung Girang Wilayah Hukum Megamendung Kabupaten Bogor

Kab Bogor. JMI - Sekitar pukul 03:10 WIB, Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung dilanda bencana alam berupa tanah longsor...