WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Polres Majalengka Ungkap Pengoplos Beras Bulog


MAJALENGKA JMI,
Satreskrim Polres Majalengka berhasil mengungkap praktik pengoplosan beras di salah satu pabrik penggilingan yang berada di Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

"Motifnya adalah mengoplos beras bulog dengan beras model lain, kemudian dikemas jadi premium untuk mendapatkan keuntungan lebih dari proses pendistribusian beras tersebut," jelas Kapolres Majalengka, AKBP. Edwin Affandi didampingi Kasat Reskrim AKP. Febry H. Samosir, Selasa (14/3/2023).

Dari pabrik itu, polisi mengamankan sebanyak 49 ton beras bulog dengan beras 50 kilogram. Kemudian 9 ton beras hasil ganti karung dengan merk ayam jago.

Kapolres menambahkan, barang bukti lainnya yang berhasil diamankan yaitu beras bulog yang dioplos dengan beras dari Demak, 1 ton beras bulog ukuran 25 kilogram yang siap diantarkan kepada masyarakat.

Kemudian 700 karung beras bulog kosong ukuran 50 kilogram yang diganti dengan kemasan merk cap ayam jago dan 11 karung merk beras MTR ukuran 10 kilogram yang sudah siap jual ke konsumen.


Belakangan, di Majalengka memang terjadi kenaikan harga beras, kemudian satgas pangan melaksanakan penyelidikan terhadap ketersediaan jumlah beras yang ada, baik itu jenis medium maupun premium.

Hasil penyelidikan yang dilakukan, mengindikasikan adanya penyimpangan dan pengoplosan di salah satu pabrik penggilingan beras. 

Lalu dari hasil pengembangan akhirnya Satreskrim Polres Majalengka melaksanakan penindakan di salah satu pabrik penggilingan beras tersebut, berikut mengamankan barang buktinya.

"Mudah-mudahan dengan penindakan ini, membuat alokasi untuk ketersediaan beras di bulan suci ramadan aman dan harganya tidak mengalami kenaikan," kata Kapolres.

Polisi kini telah mengamankan beberapa orang saksi dan dimintai keterangan, terkait dengan operasional kegiatan dugaan pengoplosan beras bulog tersebut. 


Yaya Ruhiyat/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...