WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

PT. Dahana Tembus 3 Besar Transaksi Business Matching BUMN - UMKM Wilayah Jawa Barat


SUBANG JMI, 
PT DAHANA masuk ke dalam jajaran tiga besar pada kegiatan Business Matching BUMN - UMKM Wilayah Jawa Barat melalui aplikasi Pasar Digital (PaDi) yang dikembangkan oleh PT Telkom untuk mengakselerasi UMKM di tanah air. Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat, Kusmana Hartadji tersebut diselenggarakan di Hotel Holiday Inn Bandung, Kamis, 2/3/2023.

Kepala Dinas koperasi dan usaha kecil provinsi Jawa barat Kusmana menuturkan, potensi UMKM Jawa Barat sangat besar dan membutuhkan alternatif-alternatif pasar seperti PaDi, Digitalisasi UMKM adalah suatu kemestian bagi UMKM untuk semakin berkembang, dan PaDi adalah jawaban karena harganya yang kompetitif.

“Ada kendala sebetulnya di biaya yang selama ini diberlakukan (e-commerce lain), agak cukup berat (management fee) untuk UMKM,” ungkap Kuswana.

Dalam acara tersebut, BUMN-BUMN di Jawa Barat melakukan business matching dengan UMKM Jawa Barat dengan nilai transaksi mencapai Rp. 238 juta, dimana DAHANA bersumbangsih mencapai Rp. 38 Juta dan menempati posisi kedua BUMN terbanyak bertransaksi.


Menurut Ketua Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) DAHANA, bahwa keberadaan PaDi sangat membantu mitra binaan, karena saat ini, BUMN memprioritaskan untuk berbelanja di PaDi untuk produk-produk UMKM dan Koperasi. Selain itu, jangkauan pemasaran PaDi tersebar di seluruh Indonesia."Tuturnya.

Lebih lanjut,"Kusmana menyampaikan Hingga saat ini, sudah ada sembilan mitra binaan DAHANA yang tergabung dalam aplikasi PaDi dan akan terus diperbesar agar mendapat pasar yang lebih luas, sehingga dapat mendongkrak perekonomian mitra binaan. 

“Produk UMKM bisa terserap oleh BUMN dengan berbelanja melalui aplikasi PaDi, sehingga UMKM meningkat omsetnya di samping BUMN juga mendapatkan produk dengan mudah, karena berlokasi dekat dengan perusahaan serta harga yang kompetitif. Hal ini semakin memudahkan BUMN untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar perusahaan,” pungkas Eman.

Eman juga menegaskan, DAHANA akan terus berkomitmen untuk tidak maju sendiri, namun turut maju dan berkembang bersama masyarakat sekitar, baik dari segi pendidikan, kesehatan, lingkungan, maupun perekonomian UMK mitra binaan DAHANA.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Kegiatan Rutin Bersosialisasi di Program Jum'at Curhat Polres Bogor Dengan Masyarakat Kabupaten Bogor Dalam Mencari Solusi Permasalahan

Kab Bogor JMI - Polres Bogor menggelar acara rutin "Jum'at Curhat" di Ruang Command Center Polres Bogor. Kegiatan...