WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pasar Johar Direncanakan Pemkot Semarang Beroperasional Sampai Malam


 

SEMARANG, JMI - Dinas Perdagangan Kota Semarang berencana memperpanjang jam operasional Pasar Johar hingga malam hari.

Kebijakan diharapkan bisa melayani lebih banyak masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah.

"Bukan masalah pendatang. Tetapi memberi waktu, kelonggaran pedagang supaya bisa melayani pembeli," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdag Kota Semarang, Fajar Purwoto, Rabu (24/5/2023).

Menurut dia, banyak masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Pasar Johar yang bekerja sebagai buruh pabrik yang baru pulang sore hari, sehingga nantinya bisa terlayani jika pasar buka hingga malam hari.

Selama ini, jam operasional Pasar Johar Semarang pukul 08.00-17.00 WIB. Dengan kebijakan perpanjangan, jam operasional akan dibuka hingga pukul 21.00 WIB.

Untuk operasional lantai dasar, Pasar Johar Tengah, Utara, dan Shopping Centre Johar (SCJ) dimulai pukul 08.00-21.00 WIB. Sedangkan Pasar Kanjengan dan Pasar Johar Selatan pukul 02.00-21.00 WIB.

"Mulai pukul 02.00 WIB, karena mereka ini pedagang khusus bumbu sama sayur, termasuk grosir yang mulai jualannya malam sampai pagi. Kami libatkan juga sampai pukul 21.00 WIB," katanya.

Menurut dia, dari diskusi dengan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu juga menghendaki Pasar Johar bisa buka sampai malam hari karena sebagai pasar sentral mulai Juni 2023.

"Adapun untuk retribusi masih tetap sama. Ada yang Rp750 per meter, ada yang Rp950 per meter," katanya.

Fajar menjelaskan, asar Johar Baru yang telah direvitalisasi tentunya juga didatangi oleh masyarakat dari luar daerah yang ingin berbelanja, sehingga harus difasilitasi sebaik mungkin.

"Jangan sampai ada orang dari luar kota ke sini (Pasar Johar) jam lima sore (17.00 WIB) sudah tutup. Makanya, kami sinergikan dengan SCJ yang buka sampai malam hari," katanya.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa Pemkot Semarang akan mengatur ketertiban dan kebersihan di sekitar Pasar Johar dengan tidak ada pedagang kaki lima (PKL) liar di luar pasar.

"Kami pastikan juga tidak ada PKL di luar-luar (pasar). Untuk PKL yang ada di jalan di belakang Hotel Metro akan kami geser. Saya pastikan steril semua dari PKL liar," ujarnya.

 

Sumber : INews
Editor : Saddam Al Khadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Masmindo Kembali Gelar Pekan Lingkungan Hidup

Luwu, JMI – Dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, PT Masmindo Dwi Area (Masmind...