WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pagelaran Sisingaan Subang Pecahkan Rekor Terbanyak Sepanjang Sejarah Dalam Rangka HUT Ke-75 Kab.Subang

Subang, JMI - Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, menghadiri sekaligus meresmikan pemecahan rekor terbanyak pagelaran Sisingaan, bertempat di Lapang Bintang Kabupaten Subang, Senin 29 Mei 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka HUT ke- 75 Kabupaten Subang oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, yang merupakan rangkaian dari Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 29 -31 Mei 2023.

PKD ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan daerah agar bisa terus dikenal dan dilestarikan oleh masyarakat. Dalam Pekan Kebudayaan Daerah Subang 2023 ini selain mengenalkan dan melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Subang, bertujuan juga untuk memberikan edukasi dan hiburan kepada masyarakat.

Pemecahan rekor ini diikuti oleh 150 Sisingaan dewasa dan 120 sisingaan anak-anak yang melibatkan puluhan sampai dengan ratusan seniman Sisingaan di Kabupaten Subang yang berasal dari 30 Kecamatan di Subang, yang juga melibatkan siswa Sekolah Dasar dari 30 Korwil Disdikbud Kabupaten Subang. Pagelaran ini juga menjadi tanda pembukaan kurikulum Muatan Lokal Berbasis Budaya Lokal (Kurikulum Sisingaan).


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Tatang Komara, S.Pd., M.Si, sekaligus ketua pelaksana melaporkan bahwa pagelaran ini selain menjadi rangkaian dari PKD, juga menandakan kesenian Sisingaan mejadi kurikulum muatan lokal di tingkat SD dan SMP di Kabupaten Subang.

“Ada nilai historis perjuangan pada sisingaan, dan harus ditanamkan sejak dini agar semangat tersebut tetap lestari” Ungkap Tatang.

Selanjutnya, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menuturkan bahwa yang melandasi penampilan 270 sisingaan tersebut adalah karena, kesenian sisingaan merupakan bagian dari sejarah Kabupaten Subang, bahkan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini dikarenakan sisingaan merupakan simbol perlawanan masyarakat subang di zaman penjajahan,"Tuturnya.

Lebih lanjut,"Agus Masykur menegaskan, untuk mengabadikan moment bersejarah ini, pemerintah daerah akan mencatatkan penampilan bersejarah ini dalam bentuk piagam dan akan dipajang di Museum Kabupaten Subang.

“Atas nama pribadi dan pemerintah daerah kabupaten subang, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua penggiat dan grup sisingaan yang berpartisipasi pada hari ini, pemerintah daerah berkomitmen tinggi untuk terus berupaya melestarikan warisan seni dan budaya.” Ungkap wakil bupati Subang Agus Masykur.


Agus Masykur mengajak masyarakat Subang untuk berbangga menjadi warga yang memiliki keunikan dan kekhasan budaya sisingaan yang mencerminkan gotong royong sauyunan.

“Maka nilai-nilai ini harus kita jadikan spirit dalam membangun Kabupaten Subang untuk lebih maju dibandingkan kabupaten kota lainnya di Jawa Barat bahkan di indonesia,” Pesan Agus Masykur.

Kegiatan dilanjutkan dengan seremonial Pemberian Piagam Pemecahan rekor Pagelaran Sisingaan Terbanyak Sepanjang sejarah dari Panitia PKD. Serta gunting pita dan penyematan pin Subang Jawara sebagai simbolis Bupati Subang sebagai kuncen budaya dan dilanjutkan dengan kunjungan stand Pameran cagar budaya.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Para Asisten Daerah dan Staf Ahli, Jajaran Forkopimda, Ketua &  Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, para kepala perangkat dinas dan Camat se- Kabupaten Subang, perwakilan instansi dan perusahaan, para peserta Pekan Kebudayaan Daerah, serta masyarakat Kabupaten Subang.

 

Pewarta: Agus Hamdan
Editor: Saddam Al-Khadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukung Produktivitas Pertanian, Dinas PUTR Majalengka Gencar Optimalisasi Saluran Irigasi

MAJALENGKA, JMI - Dalam upaya menjaga ketersediaan air bagi sektor pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupat...