WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

SKPD Morotai Dinilai Hanya Urus Proyek


MOROTAI, JURNALMEDIAIndonesia.com - Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemda Morotai selama ini tidak pernah terfokus dengan program perencanaan pembangunan di Morotai, mereka (SKPD.red) hanya berpikir bagaimana mengelola proyek yang dijalankan, karena segala hal yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan terkesan diabaikan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pulau Morotai Abjan Sofyan kepada wartawan JMI belum lama ini menegaskan agar, seluruh SKPD bisa merubah pola kerja dengan lebih fokus pada program perencanaan pembangunan,"Kedepannya (SKPD, red) jangan hanya fokus proyek, tapi harus program. Kita jangan hanya andalkan APBD, namun kita harus datangkan anggaran dari APBN. Jadi jangan berfikir kita dapat proyek baru kerja, tapi kita harus fokus pada program kita, jadi sumber anggaran dari mana saja ya kita harus dukung. Sekalipun proyek itu dikerjakan pihak lain kita harus dukung jika sesuai dengan perencanaan kita,"Ungkapnya.

Menurutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) sudah saatnya untuk menunjukan ke masyarakat untuk mampu membuat perubahan. "Bupati targetkan untuk 2 tahun kedepan sudah harus ada perubahan dari sisi infastruktur, jadi kita harus fokus dalam perencanaan pembangunan"Ucapnya.

Selama ini sebagian besar SKPD di Pulau Morotai tidak ada masterplan. Dengan begitu, saat ini pihaknya tengah mendorong seluruh SKPD untuk membuat masterplannya."Mereka selama ini tidak punya rencana kerja, jadi sistemnya tiba saat tiba akal, dan hal itu harus kita ingatkan agar masterplan yang dirancang bisa jelas," sindirnya.

Selain itu, Ia juga mengaku Kegiatan Musrembang yang selama ini dilakukan juga tidak tepat sasaran, bahkan terkesan hanya sebatas simbolis dan dokumen, sehingga pola ini harus dirubah."Tutupnya.

OJE/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

DPD IWOI Kabupaten Subang Gelar Diskusi Publik Jelang Pilkada, Jaring Kriteria Calon Pemimpin, Ketua KPU Subang Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Subang, JMI- Mendukung pelaksanan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024, Ikatan Wartawan Online ...