WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Mutiara Jum'at, Kaspudin Nor : Ternyata Allah Buat Perlombaan dan Hadiah Surga

JAKARTA, JMI -- Assalamu 'alaikum wr wb, Saudara/i yang insha Allah di muliakan oleh Allah, semoga semua sehat wal afiat dan diberkahi Allah. Aamiin.

Dalam kesempatan ini izinkan saya mengajak berbuat kebaikan karena kebaikan itu ternyata adalah suatu jenis perlombaan yang diselenggarakan Allah SWT, oleh karena itu dalam kesempatan Jum'at yang berbahagia ini saya menulis sebuah artikel Ternyata Allah Bikin Perlombaan Dan Hadiah Surga bagi manusia yang berbuat baik. Dari itu marilah kita sama-sama renungkan untuk hidup berbuat baik untuk menjadi sang juara dan mendapat hadiah dari Allah SWT.

Setiap makhluk selalu ingin lebih hebat dan ingin menjadi sang juara apalagi makhluk manusia sehingga dalam hidupnya untuk mencapai prestasi juara dan menjadi lebih hebat itu berbagai cara dilakukan ada yang mendapatkannya dengan cara sportif dan ada yang mendapatkannya dengan cara curang.

Banyak hal kegiatan perlombaan yang dilakukan manusia baik secara kolektif maupun secara individu, diam-diam maupun terbuka. Misalnya dalam meraih juara ikut pertandingan maupun kompetisi pertandingan olah raga, pesta seni dan budaya serta lomba ilmiah dan banyak jenis lainnya dan ditentukan aturan mainnya serta tempat juga dewan jurinya, begitu juga dalam meraih karir dan masa depannya ingin menjadi kaya raya manusia telah bersungguh-sungguh dan bekerja keras untuk meraih kesuksesannya.

Sebagai sang juara maupun sebagai manusia sukses tentunya bangga dengan sanjungan, prestasi dan hadiah yang didapatkan semua itu tentu untuk mendapatkan kebahagiaan dalam mewujudkan eksistensi dirinya namun persoalannya belum tentu mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT.

Dalam suatu usaha maupun perlombaan ternyata Allah SWT telah terlebih dahulu menciptakan perlombaan dengan tata cara yang baik sebagaimana Allah SWT, berfirman dalam Al Qur'an.

Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepada-Nya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Dimana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Al-Qur'an Baqarah: 148)

Dalam lomba berbuat kebaikan itu Allah menjanjikan hadiah dan hadiah yang Allah berikan itu adalah Rahmat Allah, Rahmat adalah bentuk kasih sayang Allah yang diberikan kepada manusia yang berbuat baik kepada sesama, sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur'an.

"Sesungguhnya Rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik" (Q.S: Al A'raf: 46)

Banyak cara dalam berbuat kebaikan yang diperintah Allah SWT, yaitu menyayangi kedua orang tua dan anak-anak, memberi makan orang miskin, menyayangi anak yatim, juga perbuatan kebaikan terhadap sanak saudara dan kerabat dan sebagainya yang digariskan Allah SWT.

Semua itu adalah perbuatan kebaikan yang dijanjikan hadiah oleh Allah SWT, perbuatan kebaikan yang juga sangat disenangi Allah dan Allah diberikan hadiah, yaitu Saling mengunjungi sanak saudara dan sahabat dengan cara bersilahturahim,

Sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa yang ingin diluaskan rizeqi dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menghubungkan untuk menjalin tali silahturahim" (HR. Buchari),

Dari sabda Rasulullah Muhammad SAW dapat diambil kesimpulan: Betapa bahagianya orang yang senang berkunjung pada saudaranya atau sesamanya dan alangkah ruginya orang-orang yang tidak mau bersilahturahim apalagi pada saudaranya. Selain itu perbuatan kebaikan yang mendapatkan hadiah yang diperintahkan dan dijanjikan hadiah oleh Allah SWT, yaitu: Menjenguk orang yang sedang sakit

Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Orang yang menjenguk orang sakit maka ia akan berjalan ditaman surga sampai ia kembali" (hadist diriwayatkan oleh Imam Muslim dari sahabat Tsauban r.a bekas budak Rasulullah SAW yang telah merdeka).

Imam An Nawawi Al-Bantani menjelaskan bahwa maksud hadis ini adalah orang yang mengunjungi orang sakit diliputi oleh pahala seperti ia berada ditaman surga yang dikelilingi buah-buahan.

Sebagai seorang yang mengaku muslim dan mulimah mari kita patuhi ajaran-ajaran Rasulullah, yaitu: Marilah kita berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, Fastabiqul Khoirot.

Semoga kita tergolong manusia yang senantiasa saling menyayangi sesama saudara untuk terus bisa berbuat baik pada sesama dan menjalin tali silaturahim untuk menjadi manusia yang bermanfaat pada orang lain, sehingga Allah beri hadiah bagi kita sang juara kebaikan mandapat Rahmat Allah Aamiin.

Wassalamu'alaikum.wr.wb


KASPUDIN NOR
Anggota Komisi Kumdang MUI (Majelis Ulama Indonesia) Pusat.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Assyifa Peduli Gelar Khitanan Massal Gratis, 34 Anak di Sunat Massal

Subang, JMI - Assyifa Peduli kembali menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal Gratis dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1...