WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Cara Gunakan Sipedas, Layanan Online e-KTP, KK, Akta Kelahiran, KIA, dan Surat Pindah di Kab.Subang


SUBANG, JMI
-- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Subang sudah bisa melayani proses pendaftaran dan pembuatan administrasi kependudukan secara online atau Daring.SUBANG Kamis, 5 Nopember 2020.

Sekertaris Disdukcapil kabupaten subang Ahmad Fauzi mengatakan Dengan layanan tersebut, pemohon tidak perlu bolak balik ke Kantor Disdukcapil. Namun cukup mengakses layanan Sipedas (sistem pelayanan daring Adminduk Subang) bisa dilakukan di rumah atau dimana saja.

"Jadi prosesnya tinggal ikuti petunjuk di situs https://disdukcapil.subang.go.id/sipedas/ ikuti petunjuknya. Kalau sudah selesai tinggal pantau, bila sudah ada pemberitahuan cetak selesai, barulah tinggal diambil ke kantor Disdukcapil," kata Ahmad Fauzi.

Lanjut Ahmad Fauzi "Ia mengatakan aplikasi Sipedas sudah bisa melayani hampir semua administrasi dan dokumen kependudukan secara daring, mulai membuat KTP elektronik, Akta Kelahiran, Akta Kematian, surat pindah antar kabupaten kota maupun Provinsi serta Kartu Identitas Anak.

"Yang belum efektif tinggal Kartu Keluarga kalau buat KK baru belum bisa, jadi untuk KK layanan yang berjalan untuk perubahan seperti mengurangi atau merubah anggota keluarga. Kalau yang lainnya sudah berjalan efektif," ujarnya.

Sipedas layanan Online Disdukcapil Subang Fauzi menjelaskan untuk bisa mengakses layanan sipedas, terlebih dahulu harus membuat akun, satu keluarga satu akun. Caranya masuk laman disitus Sipedas. Lalu ada pilihan masuk atau login langsung serta membuat akun baru. Tinggal klik dan ikuti petunjuknya.

"Jadi pas daftar diminta mengupload persyaratan seperti foto KK. Setelah proses selesai, tinggal tunggu pemberitahuan. Biasanya aktifasi akun ini paling lambat tiga hari sudah aktif sehingga bisa digunakan," katanya.

Apabila akun sudah aktif, tinggal log in. Nantinya akan diarahkan ke laman pendaftaran. Disana nanti ada pilihan dan petunjukknya seperti membuat KTP atau lainnya. Begitu proses pendaftaran selesai hasilnya akan muncul di menu pemantauan.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 komentar :

  1. Parahhh... Lagi....
    online... online....
    Diakses aja gak bisa !!

    BalasHapus
  2. nu bener we atuh, teu bisa diakses geningan, huh

    BalasHapus
  3. kayanya di ilangin deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelayanan setengah hati
      Harusnya dipantau juga oleh KEMENKOMINFO agar web pelayanan PEMDA kepada masyarakat tetap berfugsi

      Hapus
  4. subang banyak mafia, jadi tetep hharus bayar kalo mau cepet bikin ktp atau kk

    BalasHapus
  5. web onlinenya mana sih gajelas bgt nih ngebingungin

    BalasHapus
  6. Mohon bantuannya dari pihak media untuk selalu mengawasi apabila pelayanan online tidak dapat diakses segera memberikan feedback... Jangan memberitakan soft openingnya saja tetapi dikala sistemnya tidak berjalan sesuai harapan sama sekali tutup mata...

    BalasHapus
  7. Webnya tidak bisa di akses min

    BalasHapus
  8. subang tahun 2023 rasa 1800... jadul,,teknologi ketinggalan... oknum mata duitan tp tetep aja miskin

    BalasHapus

Berita Terkini

Sekda Subang Selenggarakan Konferensi Pers Terkait Isu Strategis di Kab.Subang

Subang, JMI - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si didampingi Asisten Daerah bidang Perekonomian dan ...