WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Destinasi Wisata Pasir Helang, Panorama Alam yang Indah dan Menajubkan Diatas Puncak Pegunungan di Wilayah Cijanbe Subang

Subang JMI - Destinasi wisata pasir helang ini berada di ketinggian 575 MDPL di bawah permukaan laut,yang lokasi bisa di jangkau dari pusat kota Subang masuk dari depan Pemda kelokasi wisata hanya 12 kilo, lokasinya berada di wilayah Desa Bantar sari kecamatan ci Jambe, kabupaten Subang, Jawa barat.

Kepala Desa Bantar sari  dan juga sebagai pengelola Destinasi wisata Pasir helang  H. Said Supendi kepada Jurnal media Indonesia mengatakan bahwa berdirinya  Destinasi wisata pasir helang atas himbauan kementerian desa (kemendes) mengenai desa wisata , terutama pada waktu itu lagi maraknya wabah covid-19, semua kepala Desa sekecamatan ci Jambe bikin Desa wisata  alam ,Alhamdulillah sampai saat ini  yang masih bertahan hanya 2 desa di antaranya Destinasi wisata pasir helang  Desa bantar sari dan Desa wisata ci Menteng yang masih berdiri  dan sudah berjalan.

Destinasi wisata pasir helang sendiri perencanaannya pada tahun 2019 dan sudah berjalan pada tahun 2020 ,pada saat itu covid-19 sedang mewabah di kabupaten Subang,"papar H.Said Supendi kepala Desa Bantar sari di Destinasi Pasir helang pada Sabtu,4/2/2023.
Lebih lanjut," H Said Supendi menyampaikan Karena ingin membangun pada tahun 2021 kami dengan perhutani bekerjasama mengenai pasilitas nya , karena sipatnya masih mandiri dan juga Pasir helang untuk wisata berselvi ria.

Lahan yang di kelola semuanya Sekitar 15 hektar untuk jadi lahan wisata, sementara yang sudah  di kelola di gunakan sekitar 4-5 hektar , Dirinyamenambahkan,"Kami dengan masyarakat  menanam Alpukat dan pohon durian sekitar 5 ribu pohon bersama warga masyarakat menanam di areal Destinasi ini, Serta Agro wisata yang akan memberdayakan dan meningkatkan pendapatan tarap hidup masyarakat,"ungkapnya.

H.Said Supendi memaparkan," bahwa Sejarah Didirikannya nama pasir Helang  sejak dulu,menurutnya dari dulu nama pasir helang ada pilosopinya, bahwa dulu di sini banyak kerbau,ada  salah satu kerbau yang bertarung ketika kalah larinya ke sini, kerbau tersebut berada di tempat itu begitu kembali lagi untuk bertarung kerbau tersebut bertarung nya selalu menang tidak ada yang mengalahkan, termasuk manusia ketika datang ketempat ini segala niat nya dalam pertandingan apapun insyaallah menang dan tercapai maksudnya,"papar H.said Supendi. 
,"Alhamdulillah pihak pengelola pasir helang sudah kerjasama dengan perhutani Untuk tiket masuk seharga 10  ribu sudah termasuk + Asuransi, dengan rincian 30 %untuk perhutani dan 70% untuk pengelola. berharap kedepannya ada bantuan dari disbudparpora, supaya Destinasi wisata pasir helang ini bisa masuk PAD nya ke pemerintah kabupaten Subang, harapnya.

Dikatakan H.Said Supendi  bahwa Hasil dari Destinasi wisata pasir helang  tersebut,kami terapkan  dan kami kembangkan lagi untuk pembangunan dan pemeliharaan nya.

Destinasi wisata pasir helang sendiri  Agar betah  Para pengunjungnya menyediakan Areal perkemahan  serta menyajikan menu makanan siap saji yaitu paket Nasi liwet ayam kampung yang enak dan nikmat,"paparnya.

Berharap  dengan adanya destinasi ini untuk pengunjung agar datang lah ke pasir helang ini , karena tempat nya masih alami ,termasuk untuk anak sekolah  bawa ke tempat ini sebagai sarana pendidikan  dan sarana untuk berselvi ria  dan untuk represhing keluarga dari segala aktivitas yang sudah di lakukan sehari-hari.,"ungkapnya.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pergantian Meron Dalam Haul Eyang Ndoro Pangeran Aryo Kusumo Desa Sumberjosari Karangrayung Selalu Menjadi Daya Tarik Tersendiri

GROBOGAN, JMI - Dalam rangka menyambut bulan Muharam 1446 H masyarakat Dusun Jajar Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kab...