WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemkab Grobogan Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 Secara Virtual, Bupati Grobogan Siap Jaga Persatuan dan Kesatuan

 

GROBOGAN, JMI - Pemerintah Kabupaten Grobogan (Pemkab) Grobogan bersama Forkompinda serta para Pejabat Utama juga beberapa undangan lainnya menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang bertempat di Gedung Riptaloka secara virtual,Kamis 1/6/2023.

Membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko widodo Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni SH. MM menyampaikan, bahwa Upacara berlangsung di Kawasan Monas Jakarta Pusat. Sedangkan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Presiden RI  Ir. Joko Widodo dengan mengenakan pakaian adat Deli Serdang.

Selain Presiden, para undangan yang hadir juga mengenakan berbagai macam pakaian adat, di antaranya Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, dan para menteri kabinet serta kepala lembaga lainnya dan juga termasuk upacara yang di gelar  Pemkab Grobogan sama menggunakan pakaian adat.

“Tema Hari Lahir Pancasila tahun ini mengandung arti, bahwa momentum peringatan Hari Raya Pancasila menjadi pemantik bagi Bangsa Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia,” jelas Bupati Grobogan.


Selain itu Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni merupakan hari yang paling bermakna bagi masyarakat Indonesia, serta merupakan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

Dimana, pengalaman setiap nilai-nilai Pancasila perwujudan rasa cinta terhadap tanah air yang bisa membangun bangsa dan negara menjadi lebih maju.

"Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila se vc atau dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Sri Sumarni

Sri Sumarni Juga mengajak seluruh masyarakat Grobogan untuk terus menggelorakan semangat Pancasila dan berkomitmen bersama sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air serta menjaga toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. tegas Sri Sumarni

 

Pawarta: Heru gun
Editor: Saddam Alkhadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bulog dan PT.PSI Gelar Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi On Farm

Karawang, JMI - Perum Bulog bekerja sama dengan PT. Padi Sehat Indonesia (PT. PSI) menggelar ‘Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi on Farm’ b...