WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

TP PKK Kabupaten Majalengka Lakukan Monev dan Lomba

MAJALENGKA, JMI - TP PKK Kabupaten Majalengka menurunkan timnya untuk melakukan penilaian terhadap Desa Gandu, Kecamatan Dawuan, dalam kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) 10 program pokok PKK dan 5 lomba tingkat Kabupaten Majalengka tahun 2023.

"Monev ini mencakup mulai dari proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan evaluasi capaian kinerja dari PKK Desa Gandu," jelas Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Majalengka, Hj. Iim Maemunah Suherman, Senin (24/7/2023).

Dikatakannya, bahwa melalui kegiatan ini guna mengevaluasi 10 program pokok PKK untuk memunculkan desa sebagai peraih predikat terbaik dalam penyelenggaraan program PKK.

Tim penilai dari TP PKK Kabupaten Majalengka melaksanakan penilaian dengan cermat dan teliti untuk menentukan desa mana yang memiliki kinerja terbaik dalam melaksanakan program-program PKK.

Disamping itu, penilaian terhadap 5 lomba yang digelar menjadi sorotan utama da ketat oleh tim pengkaji, sebab predikat desa terbaik akan berdampak pada prestisius dan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.

Beberapa kajian yang dilakukan oleh tim penilai untuk menentukan desa terbaik mencakup kriteria seperti di antaranya dalam pelaksanaan program PKK, dinilai berdasarkan efektivitas dan efisiensi dalam melaksanakan 10 program pokok PKK, seperti peningkatan gizi keluarga, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan upaya kesehatan lingkungan.

"Faktor partisipasi masyarakat pun sangat penting. Desa yang mampu melibatkan masyarakat secara aktif dalam kegiatan PKK dan memiliki tingkat partisipasi yang tinggi mendapatkan nilai tambahan," kata Iim.


Selain itu, lanjutnya, desa yang mengimplementasikan inovasi dan kreativitas dalam penyelenggaraan program PKK juga mendapat perhatian khusus. Hal ini menunjukkan bahwa desa tersebut berupaya untuk terus berkembang dan mencari solusi terbaik untuk setiap permasalahan.

Kemudian, keterlibatan berbagai instansi dan organisasi dalam mendukung program PKK di desa juga dinilai sebagai faktor penting. Di sini peran desa akan dinilai tingkat keberhasilannya dalam membangun kerjasama yang erat dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan hasil program.

"Keberlanjutan program pun menjadi salah satu hal utama dalam penilaian. Desa yang berhasil mempertahankan program PKK secara berkesinambungan dan memiliki rencana jangka panjang mendapatkan apresiasi lebih," ungkapnya.

Disela ungkapannya itu ia pun berharap, PKK Desa Gandu tetap berkomitmen senantiasa menjalankan program-programnya yang selaras dengan pemerintah, serta dapat mengembangkan potensi desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, dalam kegiatan monev tersebut nampak dihadiri pula oleh Camat Dawuan, Uju Gustawan dan Bhayangkari Ranting Dawuan turut memberikan dukungan dan motivasi kepada jajaran pengurus PKK Desa Gandu. 

 

Pewarta: Yaya Ruhiyat

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN Darmaraja Menjadi Sekolah Idola

SUMEDANG, JMI - Pelaksanaan PPDB Tahun ajaran 2024 - 2025 di Sekolah menengah atas negeri Darmaraja untuk jalur prioritas terde...