WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Wartawan dan LSM Viral di Acara Rapat Desa Kronjo Mendatangi Dinas DPMPD Kabupaten Tangerang

Kabupaten Tangerang, JMI - Munculnya beberapa tayangan pemberitaan media online yang viral di medsos tiktok wartawan menerima amplop isinya uang 10 ribu rupiah, beberapa wartawan dan LSM yang mengalami langsung kejadian sebenarnya, datang ke Kantor DPMPD Kabupaten Tangerang, Rabu (20/09/2023).

Ketika di dalam ruan sedang duduk bersama, salah seorang awak media Rani Riansyah memberikan keterangan apa yang terjadi sebenarnya di kantor pemerintahan desa Kronjo, "Saya bersama rekan-rekan hadir di acara Musdes pada hari Kamis tanggal 14 September 2023. Acara yang di mulai pukul 14.00 Wib , karena profesi saya, mencoba untuk mendapatkan informasi terkait acara tersebut, ketika kami  berupaya mengkonfirmasi, entah kenapa penyebabnya pak Kades tidak menanggapi kami para jurnalis di tinggalkan begitu saja terkesan cuek alias masa bodoh tanpa memberikan keterangan. Ketika saya mau pamitan pulang seorang diduga perangkat Desa Kronjo menahan saya dan rekan-rekan yang lain, tidak begitu lama saya dan rekan-rekan menerima amplop yang isinya setelah di buka 10 ribu," Ujarnya.

Samran, sebagai seorang jurnalis yang juga memerima amplop yang isinya sama mengatakan, “Banyak sanggahan dari beberapa media online terkait statement Kepala Desa Kronjo H.Nurjaman yang tidak bermaksud melecehkan jurnalis itu sah-sah saja , justru saya datang ke kantor DPMPD ini untuk memberikan keterangan sebenarnya apa yang terjadi,” ujarnya.

Yani perwakilan LSM APKAN  mengatakan, "Saya sebenarnya sangat menyayangkan pak Kades H.Nurjaman tidak langsung memberikan penjelasan kepada kami rekan-rekan media dan LSM terkait adanya pemberitaan dan video viral yang beredar di medsos ", ujarnya.


Samudi dari awak media jestv.id menambahkan, "Pada saat itu ada rencana meliput kegiatan kunjungan Bupati Tangerang untuk peresmian tempat pelelangan ikan, melihat rekan-rekan jurnalis dan LSM berkumpul di kantor Kecamatan Kronjo spontan saya menghampiri, Saya mendapat informasi dari rekan-rekan adanya persoalan terkait liputan di kantor Desa Kronjo yang merasa adanya dugaan pelecehan dengan pemberian amplop 10 ribu,” ujarnya.

"Saya sebagai jurnalis adanya pemberian amplop isinya 10 ribu ini dengan spontan mengadakan gerakan aksi solidaritas dengan mengumpulkan KTA masing-masing, saya sampaikan orasi sebagai bentuk rasa prihatin, sebagai anak bangsa Indonesia yang punya adat ketimuran dengan menjunjung tinggi etika sopan-santun rasa kepedulian terhadap rekan-rekan jurnalis yang juga ikut mencerdaskan anak-anak bangsa dengan memberikan informasi kepada masyarakat, " ujarnya menambahkan.

H.A. Sugianto Ali A.S. Kasie Fasilitasi Pembangunan Desa DPMPD Kabupaten Tangerang menerima kunjungan para jurnalis dan LSM dan mengatakan,"Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan rekan-rekan media dan LSM untuk memberikan klarifikasi atas kejadian yang sebenarnya, mendapatkan penjelasan langsung karena memang selama ini kita mendapatkan informasi dari pemberitaan, bahkan viral.

"Saya akan sampaikan kepada pimpinan, terima kasih atas masukannya kedepan akan di jadikan agenda pembekalan untuk kepala Desa," pungkasnya.

 

Pewarta : Mulyadi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ormas Pejuang Marhaenis PMN Kabupaten Grobogan Serahkan SK PKK Ke-19 Kecamatan

GROBOGAN, JMI - Ormas Pejuang Marhaenis Nusantara Kabupaten Grobogan mengadakan rapat koordinasi (Rakor) serta penyerahan Surat...