WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

PTPS Kecamatan Parungkuda Dapat Bimtek Dari Panwascan

SUKABUMI, JMI - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Parungkuda Menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi 210 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se-Kecamatan Parungkuda yang di Gelar di Aula Wisma Delima Yang Berada di Desa Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Sabtu (10/02/2024).

Menurut Saepul Rohman Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Panwaslucam Parungkuda menyampaikan, kegiatan Bimtek tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan kepada Pengawas TPS terkait aturan pada saat hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024.
Saepul menjelaskan, terkait tugas PTPS itu sendiri sudah tertuang dalam UU nomor 7 tahun 2017, dimana tugas tersebut mulai berlaku sejak turunnya SK, tepatnya sejak dilaksanakan pelantikan kemarin, dan berakhir sampai dengan 7 hari setelah hari H berlangsung. 

"Tapi fokusnya nanti pas hari H, berarti pengawasan di TPS mulai dari pengawasan persiapan pemungutan suara sampai penghitungan suara, dan juga pendistribusian logistik, mulai dari logistik datang sampai diantarkan ke desa-desa," terang Saepul Bahri. 

Saepul melanjutkan, dimana Pemilu kali ini para pengawas TPS turut dilibatkan untuk pengawasan logistik. Sebagaimana diketahui, berdasarkan aturan untuk logistik harus sudah didistribusikan ke TPS satu hari sebelum pencoblosan. 

"Jadi untuk pengawasannya itu, kita menugaskan pengawas TPS untuk pendistribusian ke lokasi TPS-TPS," jelasnya. 
Saepul berharap, setelah mengikuti kegiatan Bimtek ini, sosialisasi yang telah disampaikan dapat dimengerti oleh para pengawas TPS baik terkait teknis pengawasan mulai dari tahapan masa tenang, pendistribusian logistik, sampai dengan pemungutan suara.

"Fokus utama dari materi yang disampaikan dalam bimtek ini adalah pemungutan dan perhitungan surat suara, serta pengetahuan mengenai surat suara sah dan tidak sah. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pengawas TPS dalam melakukan pengawasan tahapan perhitungan suara secara efektif", pungkasnya.

Pantauan di lokasi, acara Bimtek PTPS turut di hadiri oleh Rifal Rifa'i Ketua Panwaslu Kabupaten Sukabumi, Forkopimcam Parungkuda serta tamu undangan lainnya.


TeamJMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Laka Kerja di Sukabumi, Korban Buat Surat Pernyataan Dengan Pihak Perusahaan

SUKABUMI, JMI - Satu Orang Buruh Alami Laka Kerja Diketahui Bekerja di   PT. Aneka Dasuib Jaya Yang Beralamat di Jln Raya Pakuwon Km 5 Rt...