WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kembali Viral !!! Mainan Lato-Lato, Mainan yang Menguji Konsentrasi

Jakarta JMI, Permainan lato-lato kembali digemari anak-anak di Indonesia. Lato-lato merupakan sebuah permainan berupa dua bola yang digantungkan pada tali yang kemudian saling beradu dan menghasilkan bunyi.

Lato-lato bukanlah mainan baru. Tetapi sudah ada sejak dahulu dan kembali viral melalui media sosial berupa TikTok. Bahkan Kapolda Metro Jaya, irjen Pol Muhammad Fadil Imran pun tidak ketinggalan mengikuti kepopuleran lato-lato dengan memainkannya bersama bocah kecil (Bocil) ketika berkunjung ke rumah warga. Aksi bermain lato-lato yang disaksikan masyarakat pun sempat diposting Fadil Imran melalui akun Tiktok Resmi Kapolda Metro Jaya dan berhasil menarik perhatian followers-nya.

Di beberapa daerah Indonesia, lato-lato ternyata memiliki nama yang beragam. Ada yang menyebutnya tek-tek, nok-nok, katto-katto, dan toki-toki. Bahkan mainan ini kabarnya bukan berasal dari Indonesia lho! 

Bagi yang penasaran dari mana sebenarnya permainan lato-lato ini berasal dan bagaimana bisa viral kembali di Indonesia, berikut sebagaimana dirangkum JMI melalui berbagai sumber.

Perlu diketahui bahwa di awal kemunculannya, lato-lato terbuat dari kaca dan bukan dari platik seperti saat ini. Karena bahannya kaca itulah yang membuat lato-lato zaman dahulu berbahaya dimainkan. Ketika dua bola berbahan kaca saling diadu, maka risiko bisa pecah dan kacanya akan menyebar kemana-mana hingga melukai seseorang.

Seiring berjalannya waktu, mainan lato-lato pun tidak lagi dibuat dengan bahan kaca, melainkan bahan plastik. Sehingga lebih aman dimainkan oleh siapa saja, terutama anak-anak. Bahkan lebih ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Cara Memainkan Lato-Lato

Mungkin kamu yang selama ini hanya melihat seseorang memainkan lato-lato dan belum mencobanya. Nah, kamu bisa sekali-kali merasakan sensasi bermain lato-lato sembari mempopulerkan kembali mainan ini. Cara bermainnya pun juga sangat mudah.

Kamu hanya perlu menggoyangkan dan menyeimbangkan dua bola lato-lato supaya keduanya berbenturan. Jika melihat orang memainkannya atau melihat melalui video memang tampak mudah. Tapi saat kamu mencobanya sendiri, mainan ini cukup menguji kesabaran kamu. Berikut langkah-langkah memainkannya yang bisa kamu praktikkan langsung:

Pertama, kamu harus memastikan bahwa kedua bola lato-lato di posisi yang seimbang.Kemudian jepit titik tengah tali lato-lato di antara hari tangan kamu.
Lalu goyangkan tangan sampai lato-lato berbenturan dan mengeluarkan bunyi “tek-tek-tek”.

Hal yang perlu diperhatikan saat sedang memainkan lato-lato adalah menjaga keseimbangan kedua bola dan tetap konsentrasi memainkannya.

Belajar Fisika dari Mainan Lato-Lato

Mainan lato-lato tidaklah sesederhana yang sahabat Dream lihat. Ada berbagai manfaat di dalamnya yang bisa kamu dapatkan saat memainkannya. Kamu bisa melatih kemampuan dasar motorik, latihan ketenangan pikiran, latihan kesabaran, latihan keseimbangan, dan di mainan ini juga bisa belajar fisika.

Awal mula diciptakannya mainan lato-lato adalah sebagai media pembelajaran Fisika. Dua bola yang menjadi bandul menunjukkan adanya Hukum Newton. Hukum Newton adalah hukum dasar berupa pengaruh gaya terhadap perubahan gerak atau perpindahan kedudukan suatu benda.

Pembelajaran Fisika. Dua bola yang menjadi bandul menunjukkan adanya Hukum Newton. Hukum Newton adalah hukum dasar berupa pengaruh gaya terhadap perubahan gerak atau perpindahan kedudukan suatu benda.

Faisal 6444/Red/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Disperkim Kota Bandar Lampung Aprisiasi Sinergitas Program BSPS

BANDAR LAMPUNG, JMI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan pada tahun 2...