WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Umar Ahmad Gagas Pembangunan Tubaba Masa Depan

Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad dan Wakil Bupati Fauzi Hasan.
TULANG BAWANG BARAT, JMI -- Sebagai penunjang untuk mencapai cita-cita Bupati Umar Ahmad yang menginginkan Kabupaten Tulang Bawang Barat lebih maju dengan slogan Tubaba TOP (Terdepan optimis dan pasti maju) maka Umar Ahmad menggagas pembangunan dengan tema Tulang Bawang Barat kembali ke masa depan.

“Yang berarti maju dengan perpaduan melestarikan budaya masa lalu dengan budaya kekinian dalam membangun, sehingga pembangunan juga terarah menghidupkan kembali budaya yang hampir punah,” kata Rizal Irawan Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Tulang Bawang Barat, mendampingi Kepala Dinas Iwan Mursalin, di Tulang Bawang Barat kepada media pada Senin 09/03/2020.

Rizal memaparkan, di Kabupaten Tulang Bawang Barat banyak karya dan budaya yang merupakan peninggalan dari masa lampau meliputi rumah adat, pakaian adat aksara, bahasa, berbagai tarian tradisional, tanaman khas, berbagai kuliner khas, hasil kerajinan, dan masih banyak lagi.

“Di Kabupaten ini ada juga pengrajin tenun tradisional dapat memproduksi Kain Tapis yang bernilai tinggi dan berkualitas baik serta indah dipandang, tak kalah dengan produksi dari luar daerah,” jelas nya

Sekretaris PUPR Rizal.


Lanjut Rizal, Kain Tapis merupakan kain tradisional yang biasa digunakan dalam upacara-upacara adat atau ketika menghadiri acara-acara formal, cara pemakaiannya dikombinasikan dengan kain hasil tenun modern hingga nampak memukau.

“Namun sangat disayangkan budaya tenun tapis tradisional kini hampir punah, karena kurangnya minat kawula muda untuk belajar menenun tapis, maka perlu pelestarian budaya tenun tapis agar tidak punah,” terangnya mewakili Iwan Mursalin.

Menurut Rizal, kain tapis hasil tenun tradisional menjadi salah satu potensi budaya sebagai penggerak untuk meningkatkan pelestarian dan perkembangan budaya juga dapat menjadi penarik pariwisata di Kabupaten yang berslogan Ragem sai mangi wawai.

“Untuk itu dibutuhkan suatu wadah guna mengembangkan potensi budaya tenun tradisional, dengan pembangunan Rumah Tenun Tapis di komplek Kota budaya Uluan Nughik yang diharapkan dapat menjadi generator pengembangan kawasan wisata alam berbasis budaya,” terangnya.

Pengembangan kawasan wisata di komplek Kota budaya Uluan Nughik Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah terdiri dari bangunan penunjang seperti bangunan pusat informasi dan budaya, jembatan budaya, rumah-rumah adat, gardu pandang, pusat cenderamata, dan juga rumah tenun tapis.


ROBINSAH/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Assyifa Peduli Gelar Khitanan Massal Gratis, 34 Anak di Sunat Massal

Subang, JMI - Assyifa Peduli kembali menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal Gratis dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1...