WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jajaran Satreskrim Polres Subang Ungkap Satu Orang Pelaku Penipuan & Penggelapan 16 Mobil

SUBANG, JMI -- Jajaran satreskrim polres Subang telah ungkap modus penipuan dan penggelapan 16 unit mobil rental sebagai barang bukti, dan berhasil mengamankan satu orang tersangka berinisial RS. Bertempat di Mapolres Subang, Selasa 18/3/2020.

Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani di dampingi kasat Reskrim polres Subang AKP Deden A Yani kepada para awak media mengatakan telah terjadi tindak pidana penipuan dan penggelapan, dan telah di amankan satu orang tersangka yang berinisial RS, atas laporan dari seorang pelapor yang mobilnya di bawa oleh tersangka RS.

Menurut pengakuannya bahwa, "mobil tersebut di sewa perhari RP 250.000 selama 1-2 bulan. Pengakuan dari pelapor bahwa selama 1-3 bulan sewaan mobil tersebut lancar, namun memasuki bulan ke-4 tidak ada kabar beritanya," katanya.


"Modus dari operandi tersebut pelaku melakukan penyewaan mobil rental dengan membujuk rayu kepada pemilik mobil, sehingga pemilik mobil tersebut percaya untuk melepaskan langsung mobil sewaannya dan pelaku mencari korban berikutnya sebagai pembeli atau penggadai mobil, setelah dapat maka pihak penggadai dengan bujuk rayu pelaku, berhasil di tipu oleh pelaku, tipu muslihat tersebut sehingga penggadai percaya untuk memberikan sejumlah uang sebesar Rp 20 sampai 40 juta yang telah di sepakati, untuk barang bukti kita amankan 16 mobil berikut STNKnya, tapi milik orang lain. Akibat dari perbuatannya pelaku terancam Pasal 372-378 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," Imbuhnya.

Lanjut Kapolres menghimbau, "kepada masyarakat atau pemilik rental mobil, agar berhati-hati dan waspada dengan modus penipuan yang dilakukan oleh RS, berharap bagi pemilik kendaraan rental agar jangan mudah terpengaruh oleh modus pelaku yang ingin menyewa mobil dengan bujuk rayunya," ungkapnya.


AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Hasil Musorkab Yag di Gelar di Laska Hotel Subang, Ujang Sutrisna Alias Ucok Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum KONI Subang Periode 2024-2029

SUBANG, JMI - Musyawarah Olahraga (Musorkab) Kabupaten Subang Tahun 2024. Ujang Sutrisna alias Ucok Resmi terpilih sebagai ketu...