WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Menkeu RI Sebut Tantangan Global Membutuhkan Kepemimpian yang Kuat dari Negara-Negara G20

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati/net


JAKARTA, JMI – Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa tantangan ekonomi global sekarang membutuhkan kepemimpinan dari masing-masing pemimpin negara yang ada dalam G20, ia membutuhkan aksi dari berbagai negara bersatu dengan kuat untuk mengurangi resiko, menurutnya kondisi dunia sekarang ini mengalami inflasi tinggi, memperlambat pertumbuhan, sector energy dan pangan yang tidak aman, perubahan iklim serta geopolitik yang membutuhkan suatu kebijakan yang memadai.

Sri mulyani mengatakan “ tantangan global membutuhkan aksi G20 untuk melindungi para masyarakat yang lemah dan membawa kondisi ekonomi dunia semakin kuat, seimbang, dan bertumbuh inklusif “ ujar Menkeu RI saat berada di Washington DC Amerika.

Menurutnya tantangan global membutuhkan kerja sama dalam kebijakan makro serta fiskal untuk instrument kebijakan mengatasi permasalahan bersama dan mendukung pemulihan ekonomi secara efektif.

Ia pun memastikan respone yang di luncurkan dapat di paparkan dengan spesifik, jelas, dan terkoordinir dengan komunikasi melalui pesan-pesan yang di sampaikan.

Presidensi G20 di Indonesia mampu menjaga kredibilitas forum meski terdapat tantangan seiring dengan ekonomi yang buruk apalagi berpotensi resesi pada tahun 2023.

“ walaupun sedang menghadapi tantangan Presidensi Indonesia mampu bertahan dengan keutuhan G20 sebagai forum global untuk merumuskan ekonomi dan finansial “ ujar Sri mulyani selaku Menkeu RI

Pertemuan ke-4 FMCBG ini merupakan yang terakhir pada Presidensi G20 Indonesia pada 2022. Setelah itu, India mendapatkan kepercayaan untuk memegang keketuaan G20 selanjutnya pada 2023.

Sebelumnya, pertemuan pertama FMCBG pada Presidensi G20 Indonesia berlangsung pada Februari 2022 di Jakarta. Pertemuan kedua dilakukan pada April 2022 di Washington DC, AS, dan pertemuan ketiga pada Juli 2022 di Nusa Dua, Bali.

 

Far/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Buntut Kontroversi Wasit Saat Lawan Qatar, PSSI Resmi Ajukan Protes ke AFC

JMI - Ketum PSSI, Erick Thohir menyatakan bila pihakya sudah melayangkan protes terkait kontroversi keputusan wasit di laga timnas U-23 In...