WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Unit Tipidkor Polres Subang Ringkus Pelaku Kasus Korupsi Kredit Fiktif PD BPR Subang senilai 1,5 M


Subang JMI,
Jajaran satreskrim Unit  Tindak pidana korupsi (Tipidkor ) polres Subang ungkap para pelaku yang telah Merugikan uang Negara sebesar Rp. 1.569.547.000, dan berhasil di amankan di Mapolres Subang para pelaku kasus kredit fiktif Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Subang Cabang Binong.

 Kapolres Subang, AKBP. Sumarni S.Ik, S.H, M.H, didampingi Kasat Reskrim Polres Subang, AKP Ade Rizki Fitriawan, Dalam Conferensi Pers bertempat di halaman Mako Polres Subang, Rabu sore, (28/12/2022).

Kapolres Subang AKBP.Sumarni.S.IK,SH,MH di hadapan para awak media mengatakan bahwa kronologis kejadian berawal pada bulan April tahun 2017 lalu, tetapi yang telah di laporkan pada bulan Juli tahun 2021 lalu,"imbuhnya.

Lebih lanjut,"AKBP.Sumarni menyampaikan bahwa dari ke empat tersangka Kredit Fiktif PD BPR Cabang Binong tersebut diantaranya, mantan kolektor kredit PD BPR Subang Cabang Binong, RJ (54), Koordinator Pemohon Kredit, R alias BR, Kabag Kredit PD BPR Subang Cabang Binong, YIA (45), dan salah seorang pensiunan PNS, TRM (61).

“Dari laporan tersebut, dengan serangkaian penyidikan dan penyelidikan dan juga berkolaborasi dengan tim ahli auditor akhirnya ke empat pelaku dinyatakan P21,” ujar AKBP. Sumarni.


Sumarni juga menambahkan bahwa, kasus tersebut berawal adanya kredit konsumtif yang dilakukan di PD BPR Subang Cabang Binong sebesar 1,754.000.000. (Satu milyar tujuh ratus lima puluh empat juta rupiah) Dan tentunya, pada prosesnya pemohon tidak mengajukan kredit secara langsung.

Adapun kronologi yang di lakukan para pelaku tersebut diantaranya, permohonan kredit dikolektif R alias BR melalui RJ. R alias BR ini mengaku sebagai pemilik koperasi yang bisa mengajukan kredit tanpa jaminan kepada pihak PD BPR Subang Cabang Binong, lalu, R alias BR mengetahui seluruh jaminan kredit nasabah telah dijaminkan di Bank lain.

“Nah, R alias BR ini mempunyai ide dengan membuat duplikasi atau merekayasa jaminan kredit berupa sertifikat pendidik, ijazah-ijazah S1, Akta IV serta merekayasa rekening tabungan BJB seolah-olah terdapat transaksi keuangan dana sertifikasi,” ungkap AKBP.Sumarni.

Selanjutnya, AKBP Sumarni juga menjelaskan bahwa, sekitar bulan Agustus 2017 lalu, ternyata, terdapat angsuran yang masuk dalam rekening yang dijaminkan sehingga dilakukan pemeriksaan khusus oleh SPI sehingga diketahui bahwa jaminan yang diagungkan tersebut adalah palsu.

Sementara dari hasil perhitungan kerugian Negara yang dilakukan oleh BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat, sesuai surat nomor SR 1149/PW 10/5.1/2021 tanggal 20 Desember 2021, menyatakan terdapat kerugian negara dalam kasus ini sebesar Rp. 1.569.547.000.

“Setelah itu, para pelaku tersebut, melakukan pengembalian terhadap penyidik sebesar Rp. 132.570.500,” imbuh AKBP. Sumarni.

Barang bukti yang berhasil di amankan Penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi Polres Subang di antaranya  berupa 18 berkas kredit nasabah, 18 berkas laporan riwayat kredit, 18 berkas jadwal angsuran kredit, dan 18 berkas fotocopy surat-surat keputusan-keputusan terkait dengan penyertaan modal dari Pemerintah Daerah ke PD BPR Subang.

“Serta menyita 11 berkas fotocopy surat keputusan direktif PD BPR Subang pengangkatan pegawai, satu berkas surat pengajuan klaim asuransi jiwa, surat keterangan dan uang tunai senilai Rp. 132.570.500,” jelas Kapolres Subang.

Untuk mempertanggungjawabkan   perbuatannya tersebut, para tersangka dijerat, Pasal 2 ayat 1 Junto Pasal 18 ayat 1 huruf B dan atau Pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2001 atas perubahan Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 ayat 1 ke-1 dan atau Pasal 56 KUHPidana dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara dan denda paling banyak 1 miliar rupiah.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

PWI Jaya Kedepan Lebih Profesional dengan Mengedepankan Narasi dan Fakta

Jakarta, JMI - "Terpilihnya Kesit B Handoyo dan M. Yusuf Theo sebagai Ketua dan Dewan Kehormatan PWI Jakarta periode 2024-2029 dihar...