WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Hipotermia Akibat Cuaca Buruk, Pendaki Unsoed Meninggal di Gunung Slamet


Banyumas, JMI
- Seorang pendaki dari Unit Pandu Lingkungan (UPL) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dilaporkan tewas saat mendaki Gunung Slamet, Jawa Tengah, Minggu (27/2/2023). Informasi tersebut dibenarkan oleh pihak Unsoed melalui pernyataan tertulisnya kepada wartawan. 

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Dr Norman Arie Prayogo, S Pi, M Si menjelaskan mahasiswa yang meninggal dunia tersebut bernama Sadewa Natha Radya (19). 

"Minggu 26 Februari 2023, Universitas Jenderal Soedirman kehilangan salah seorang putra terbaiknya, Sadewa Natha Radya, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen angkatan 2022, asal Kabupaten Banjarnegara," kata Norman melalui keterangan tertulis yang diterima detikJateng, Senin (27/2/2023). 

Menurutnya, almarhum tergabung dalam Unit Pandu Lingkungan (UPL) Unsoed Purwokerto. 

"Almarhum meninggal dunia karena kondisi hipotermia akibat cuaca buruk yang terjadi di luar prediksi saat pendakian," terangnya. 

Atas peristiwa ini, keluarga besar Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menyatakan duka cita yang mendalam. Pihaknya akan mengupayakan penanganan lebih lanjut terhadap jasad korban. 

"Kami dari Bidang Kemahasiswaan mengupayakan yang terbaik di dalam membantu semua keperluan penanganan kepulangan almarhum hingga proses pemakamannya," jelasnya. 

Lebih lanjut, Norman mengungkapkan kejadian yang menimpa Sadewa juga meninggalkan duka mendalam bagi teman-temannya di UPL Unsoed. 

"Sebelum pendakian dilaksanakan mereka sudah berupaya sebaik-baiknya menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan risiko dari kegiatan pendakian. Baik pembekalan stamina, pembekalan ketrampilan maupun pengawasan terhadap rute yang dipilih," ujarnya. 

Norman berharap peristiwa tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi dalam kegiatan kemahasiswaan, khususnya di UPL Unsoed pada masa mendatang.

 

Sumber Detik.com

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dirut Tirta Rangga Subang Angkat Bicara Dihadapan Puluhan Investor di Forum Bergengsi Jakarta, Promosikan Presentasi Proyek Air Bersih untuk Kawasan Industri Pelabuhan Patimban

Subang, JMI – Direktur utama (Dirut) Perumda Tirta Rangga Subang, Lukman Nurhakim mempresentasekan potensi TRS dalam menyambut industrial...