WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kegiatan Mobil Moving dan CSR, Ini Tanggapan PT. PGE Area Ulubelu..!!!


TANGGAMUS JMI,
Menyikapi pemberitaan atas keluhan masyarakat dan pengguna jalan dengan adanya mobilisasi kendaraan berat di jalur Ulubelu-Talangpadang serta CSR nya pihak PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) berikan tanggapan, Selasa, ( 07/02/23).

Di ketahui saat ini PGE Area Ulubelu sedang melakukan persiapan, kegiatan pengeboran yang akan dilaksanakan pada tahun ini 2023. Dalam tahap persiapannya, ada mobilisasi pengangkutan perlengkapan pengeboran melintasi jalan Provinsi Talangpadang-Ulubelu.

Dimasa tahapan ini, mobilisasi pengangkutan perlengkapan pengeboran yang menggunakan kendaraan berat telah menjadi perhatian masyarakat di jalur jalan Provinsi tersebut, antara Kecamatan Talangpadang, Pulaupanggung hingga pertengahan Kecamatan Ulubelu.

Dari protes masyarakat dan pengguna jalan pun bermunculan, hingga Anggota DPRD Dapil Wilayah tersebut, Irsi Jaya, S.H, angkat bicara, seperti yang telah kami beritakan beberapa waktu lalu.

Menanggapi pemberitaan yang kami muat tersebut, pihak PT. PGE Area Ulubelu melalui perwakilannya Agus Setiawan selaku bagian Sekuriti, Heri Susanto dari tim Maintenance dan Dadang Rachmat P selaku Humas nya, menjelasakan, bila waktu keberangkatan telah menyesuaikan dan koordinasi antara vendor dengan TNI/Polri pun telah dilakukan. 

Agus Setiawan selaku sekuriti mengatakan, pihak PGE Area Ulubelu telah mengikuti aturan terkait tonase/beban yang harus diangkut sesuai standar. Begitu pun dengan jadwal mobilisasi sudah dikoordinasikan, antara Vendor dengan TNI/Polri dalam hal ini Polsek dan Koramil Pulaupanggung, termasuk pengawalan selama kegiatan mobilisasi berlangsung.

"Kegiatan operasional, dalam hal ini untuk menunjang kelancaran mobilisasi sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan sudah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait sehingga memungkinkan dilalui untuk mobilisasi pengeboran," kata Agus saat kami temui di kawasan Wisata Danau Hijau, Pekon Pagaralam bersama Heri Susanto (Tim Maintenance), Dadang Rachmat P (Humas).


Disambung oleh Heri Susanto dari Tim Maintenance, bahwa PGE Area Ulubelu telah berkontribusi dalam peningkatan dan pemeliharaan jalan Provinsi dan juga kegiatan lainnya.

Disini ia menjelaskan kontribusi pihak PGE telah meraka lakukan mulai dari pembangunan jalan, perbaikan gorong-gorong hingga pemeliharaan jalan di jalur Kecamatan Talangpadang ke Kecamatan Ulubelu yang melalui sepanjang jalur di Kecamatan Pulaupanggung. 

"Pada Tahun 2014 peningkatan jalan dengan hotmix sepanjang 20 Kilometer (Km) dari mulai leter S sampai dengan Pekon Muaradua. Di tahun 2019 perbaikan gorong-gorong sekitaran Pekon Gunungmeraksa Kecamatan Pulaupanggung, pemeliharaan di beberapa titik jalan dari mulai dari Kecamatan Talangpadang-Muaradua termasuk sebagian ada yang dibeton pada tahun 2020. Tahun 2022 penanganan longsor dijalan terabasan Pekon Datarajan," tutur Heri Susanto, menyikapi atas apa saja peran pihak PGE dalam membangun dan peran mereka hingga saat ini.

Terhadap pertanggungjawaban atas CSR yang harus dilaksanakan pihak PGE. Dadang menerangkan peran PGE di Wilayah tesebut telah berjalan mulai dari UMKM, pendidikan berikut penghijauan dan pemberdayaan masyarakat di delapan Pekon seputaran beroperasinya PGE. 

Program-program Corporate Social Responsibility (CSR) dilokasi sekitar area operasi, ada di delapan Pekon/Desa serta bantuan-bantuan sosial kemasyarakatan meliputi bidang Pemberdayaan Masyarakat, ke kelompok Kopi Beloe di Pekon Sukamaju, budidaya tanaman Hidroponik Pekon Datarajan.

Tanaman buah-buahan yang berada di Pekon Muaradua, pendidikan kegiatan sekolah berwawasan Lingkungan Green School di SDN 1 Pekon Gunungtiga, program Keluarga Mandiri Sehat dan Sejahtera (Kamasetra) Pekon Ngarip, penanaman pohon alpukat Ratu untuk masyarakat di Kecamatan Ulubelu, Infrastruktur penanganan longsor di terabasan Pekon Datarajan," terang Dadang Rachmat P (Humas) menerangkan terkait dengan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PGE Area Ulubelu.

Selain itu lanjut Dadang, PGE Area Ulubelu telah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus antara lain.

Penghargaan sebagai perusahaan yang aktif, dalam melaksanakan program CSR bidang pembangunan daerah tahun 2017-2021, penghargaan atas partisipasi dan keaktifan dalam mendukung program Pekon, Inspirasi, Hijau dan bersih menuju Proklim tahun 2022.

Penghargaan atas partisipasi aktif, dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Tanggamus tahun 2022.

"PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Ulubelu, merupakan bagian dari PT. Pertamina Geothermal Energy yang melakukan pengusahaan pengembangan energi panas bumi di Lampung. PT. PGE Area Ulubelu mulai beroperasi secara komersial sejak tahun 2012, dengan kapasitas saat ini mencapai 220 MW," tutup Dadang.


ROBI/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Hasil Musorkab Yag di Gelar di Laska Hotel Subang, Ujang Sutrisna Alias Ucok Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum KONI Subang Periode 2024-2029

SUBANG, JMI - Musyawarah Olahraga (Musorkab) Kabupaten Subang Tahun 2024. Ujang Sutrisna alias Ucok Resmi terpilih sebagai ketu...