WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Lakukan Patroli Gabungan Perum Perhutani KPH Purwodadi Bersama Polres Grobogan Dalam Upaya Pengamanan Hutan


GROBOGAN JMI
-Perum Perhutani mempunyai mandat dan peran yang penting dalam menjaga ekosistem yang ada di hutan ,begitupun dari sisi ke ekonomiannya. Dengan demikian, ada nilai bisnis dan pendapatan negara dari pengelolaan hutan yang nantinya akan kembali kepada kepentingan rakyat.

Polisi dalam hal ini khususnya jajaran Polres Grobogan, akan dengan senang hati membantu pihak Perhutani dalam menjaga aset negara dari kecurangan-kecurangan oleh pihak tertentu, yang mencoba mengambil keuntungan dengan cara melanggar hukum atau illegal logging, dan ajak patroli gabungan.

Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi bersama Kepolisian Resort (Polres) Grobogan mengadakan Patroli Gabungan dalam upaya pengamanan Sumber Daya Hutan (SDH) yang masuk wilayah hukum Polres Grobogan,pada hari Selasa tanggal (14/02/2023).

Administratur KPH Purwodadi, Dian Rakhmawati,SHut,MM menyampaikan bahwa ,”kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti Memorandum Of Understanding (MoU) Keputusan Bersama Kepala Kepolisian Resort Grobogan dengan Perum Perhutani KPH Purwodadi Nomor : Kesmas/5/X/Huk.8.1.1/2022 tentang pengamanan hutan dan penegakan hukum di wilayah hutan KPH Purwodadi,” Ucapnya .

Ditambahkan oleh Dian Rahmawati, SHut,MM,“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan sinergitas hubungan kerjasama yang baik antara Polres Grobogan dengan Perum Perhutani sehingga dapat tercipta situasi kondusif di KPH Purwodadi,” Tandasnya.


Dijelaskan oleh Dian Rahmawati, SHut,MM Patroli yang dilakukan Perhutani ini sebagai wujud tanggung jawab kepada negara karena Perum Perhutani merupakan salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang memiliki peran utama dalam hal pengelolaan hutan Indonesia,”Pungkas ,SHut,MM.

Sementara itu Jajaran kepolisian melalui Kanit Pamobvit Samapta Polres Grobogan, IPDA M. Agus Salim mendukung penuh kegiatan pengamanan sumberdaya hutan yang dilaksanakan oleh Perum Perhutani KPH Purwodadi di wilayah hukum Polres Grobogan sehingga tercipta hutan lestari dan dapat memenuhi fungsi lingkungan, sosial dan ekonomi,” Katanya.

Kegiatan patroli gabungan tersebut diikuti oleh Pandoyo,SHut Waka Administratur KPH Purwodadi, Ipda M Agus Salim Kanit Pamobvit Samapta Polres Grobogan dan 5 orang jajaran kepolisian Satuan Samapta Bhayangkara (SABHARA) Polres Grobogan,dan segenap Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH), Mandor Polisi Teritorial (Polter) dan Anggota Polisi Hutan Mobil (Polhutmob) wilayah Perum Perhutani KPH Purwodadi.

Sebelum kegiatan dimulai, terlebih dahulu dilakukan apel dihalaman kantor Perum Perhutani KPH Purwodadi. Tim start dari kantor KPH Purwodadi melewati kawasan hutan wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Plososenjayan BKPH Linduk, RPH Sendangpakelan, RPH Siwalan BKPH Sambirejo, RPH Tumpuk BKPH Tumpuk dan finish di RPH Tlogomanik BKPH Pojok.

Dalam kegiatan tersebut berlangsung aman ,lancar , terkendali dan Kondusif.


Heru gun/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Usai Terjatuh Puing Helikopter Ditemukan, Presiden Iran Dilaporkan Tewas

Jakarta, JMI - Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar negerinya Hossein Amir-Abdollahian dilaporkan tewas dalam kecelakaan helikopt...