WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Cerita Inspirasi Desainer di Balik Pembuatan Logo IKN ‘Pohon Hayat’


 

JAKARTA, JMI - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan logo resmi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang bertema Pohon Hayat. Logo yang terpilih itu didesain oleh Aulia Akbar yang merupakan desainer grafis asal Bandung.

Aulia menjelaskan inspirasi di balik logo Pohon Hayat tersebut. Ia mengatakan inspirasi itu datang dari kebudayaan Indonesia.

"Inspirasinya itu dari penelusuran kami tentang kebudayaan kita sendiri, dari Sabang sampai Merauke," ungkap Aulia Akbar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (30/5).

Dari inspirasi tersebut, Aulia merasa bahwa kebudayaan Indonesia memiliki kesamaan berupa kosmologi pohon hayat.

"Itu kan berupa pohon kehidupan yang bisa kita temukan. Ini bisa jadi suatu penanda bahwa di atas keberagaman, kita pasti bisa bersatu, layaknya bendera merah putih," jelasnya.

"Logo itu belajar dari banyak falsafah ideologi Indonesia yang mungkin jadi representasi ke depan di tataran sendiri dan dunia," imbuhnya.

Selain itu, Aulia juga mengatakan bahwa desain logo tersebut tidak hanya dibuat oleh dirinya sendiri, tapi juga bersama teman-temannya yang bekerja di Branding House.

"Branding House dengan kawan-kawan kolektif berusaha merancang dengan komprehensif untuk identitas Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa logo baru IKN Nusantara bertema Pohon Hayat yang didesain Aulia Akbar.

Aulia merupakan desainer grafis yang berdomisili di Bandung. Ia merupakakan lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House.

Jokowi menjelaskan bahwa logo yang dibuat oleh Aulia melambangkan sumber kehidupan.

Menurut Jokowi, itu sesuai dengan IKN yangakan menjadi sumber kehidupan masyarakat Indonesia.

"Ini Pohon Hayat, pohon kehidupan. Kita semua berharap logo ini menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semua yang jadi sumber kehidupan masyarakat Indonesia nantinya," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/5).

Sebelumnya, pemerintah menggelar sayembara logo IKN Nusantara. Ada 500 desainer yang ikut dalam sayembara ini.

Sepuluh logo pilihan kurator diserahkan ke Presiden Jokowi. Lalu, lima logo pilihan Jokowi diikutsertakan dalam pemungutan suara online.

Lebih dari 500 ribu warga ikut pemungutan suara di situs IKN Nusantara. Logo Pohon Hayat buatan Aulia Akbar pun terpilih sebagai pemenang.

 

Sumber: CNNindonesia

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Laka Kerja di Sukabumi, Korban Buat Surat Pernyataan Dengan Pihak Perusahaan

SUKABUMI, JMI - Satu Orang Buruh Alami Laka Kerja Diketahui Bekerja di   PT. Aneka Dasuib Jaya Yang Beralamat di Jln Raya Pakuwon Km 5 Rt...