WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Rechecking Lomba Pemanfaatan Pekarangan Untuk Tingkatkan Pemenuhan Gizi & Kebutuhan Keluarga di Cisalak, Subang

Subang, JMI - Bupati Subang H. Ruhimat, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, menerima Tim Rechecking Lomba Pemanfaatan Pekarangan sebagai Sumber Gizi Keluarga tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023, bertempat di Desa Gardusayang, Cisalak. 5 Juni 2023.

Camat Cisalak Sumardi, S.STP., M.AP. dalam sambutannya menyampaikan harapannya terkait kegiatan penilaian pemanfaatan lahan pekarangan untuk dapat meningkatkan gizi keluarga. 
"Mudah mudahan menjadi motivasi bagi kita semua, ini menjadi virus yang positif disebarkan."tuturnya.

Sumardi juga menyatakan bahwa Pemanfaatan pekarangan ini pun merupakan program Bupati Subang dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan.
"sejak awal, waktu saya dulu masih lurah disebutkan Bupati ada program sapapait samamanis ya kemudian ada program peningkatan ketahanan pangan salah satunya ini memanfaatkan lahan di pekarangan."ungkap camat cisalak.Sumardi.S.Stp.M.Ap

Sementara itu,  Bupati Subang H. Ruhimat menyampaikan bahwa dirinya merasa bangga atas gotong royong yang dilakukan warga cisalak dalam rangka ketahanan pangan."Saya melihat gotong royong warga cisalak dalam rangka ketahanan pangan "imbuhnya.

Lebih lanjut,"Bupati Subang berterima kasih kepada para penilai yang telah hadir untuk dalam rangka memotivasi warga Kabupaten Subang terlebih kegiatan pemanfaatan lahan ini akan sangat bermanfaat bagi warga masyarakat.

"Ini menyangkut kepentingan keluarganya, baik itu dengan pemanfaatan lahan tersebut. Saya menyadari terkait masyarakat sangat sadar dalam rangka memenuhi akan gizi dan memenuhi akan kebutuhan di rumah tangga."Tuturnya.

Kepada warga masyarakat pun, Bupati H.Ruhimat menyatakan apresiasinya, karena kegiatan yang kini dilaksanakan merupakan kepentingan bersama.
"Saya mengapresiasi kepada seluruh warga, yuk kita tumbuh kembangkan, bukan untuk kepentingan pemerintah, tapi kepentingan kita bersama."ungkap Bupati Subang H.Ruhimat.
Penilai Lomba Pemanfaatan Pekarangan TP PKK Provinsi Nanda Kartika Sari, SH mewakili Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya dalam sambutannya mengapresiasi dan menyatakan rasa bangga kepada seluruh pengurus PKK yang sudah membantu untuk terlaksananya lomba pemanfaatan pekarangan.
"karena dengan bekerja keras serta sungguh-sungguh mengikuti pelaksanaan lomba pemanfaatan pekarangan, memberikan gambaran bahwa tentunya ini memberikan perjuangan demi terwujudnya kesejahteraan keluarga."terangnya.

Nanda pun menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya lomba pemanfaatan pekarangan jangka pendek yaitu untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam keluarga dan masyarakat juga meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan, mengembangkan sumber bibit, dan kegiatan ekonomi produktif keluarga, serta menciptakan lingkungan hijau, bersih dan sehat secara mandiri.

Selain itu, adapun tujuan jangka panjang yaitu untuk menciptakan kemandirian pangan keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, pelestarian tanaman pangan untuk masa depan, serta meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

"Seperti harapan Pak Bupati, dan harapan Kita semua tentunya menumbuh kembangkan memanfaatkan pekarangan sekitar kita ya Pak ya untuk nilai yang lebih baik."paparnya.

Agenda dilanjutkan dengan Expose yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Desa Gardusayang. Hj. Nani Nuraeni, S.Ag yang menyampaikan terkait potensi Desa Gardusayang, serta pengimplementasian Pemanfaatan Pekarangan sebagai sumber ketahanan pangan.

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Subang, Asda 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Kadis PMD, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Peternakan, Kadis DP2KBP3A, Camat Cisalak, Para Kepala Desa.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Hasil Musorkab Yag di Gelar di Laska Hotel Subang, Ujang Sutrisna Alias Ucok Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum KONI Subang Periode 2024-2029

SUBANG, JMI - Musyawarah Olahraga (Musorkab) Kabupaten Subang Tahun 2024. Ujang Sutrisna alias Ucok Resmi terpilih sebagai ketu...