WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Astra Tol Cipali Gelar Posyandu Prima, Tingkatkan Kesadaran Warga Sekitar Kampung Berseri Akan Kesehatan

Majalengka, JMI – Dalam rangka meningkatkan kesadaran warga sekitar kampung berseri,ASTRA Tol Cipali bersama Puskesmas Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka mengadakan Posyandu Prima pada Kamis, 27 Juli 2023.

Posyandu Prima memberikan skrining sederhana terhadap kondisi kesehatan masyarakat lansia (lanjut usia) dan masyarakat umum di Kampung Berseri Astra (KBA) Bongas Kulon.

Para petugas kesehatan memberikan pemeriksaan dalam 3 tahap. Pertama, masyarakat menerima ‘Pelayanan’ konsultasi gejala penyakit bersama perawat. Kemudian akan dilakukan ‘Pemeriksaan’ seperti tensi dan gula darah untuk mendiagnosa kondisi tubuh. Terakhir, masyarakat akan mendapatkan ‘Penyuluhan’ obat-obatan sesuai dengan hasil diagnosa masing-masing individu. Kegiatan ini melibatkan 1 bidan, 2 perawat, dan 1 apoteker dalam proses skrining terhadap total 49 warga.
Bidan Puskesmas Desa Bongas Kulon, Veni Puspita, mengatakan bahwa pemahaman akan kondisi kesehatan masyarakat di Desa Bongas Kulon semakin baik dengan diselenggarakannya Posyandu Prima. 

“Cukup dengan membawa dokumen mengenai data identitas diri, seluruh masyarakat bisa mendapatkan edukasi dan layanan skrining secara gratis di Posyandu Prima. Kami pun berkesempatan mengarahkan masyarakat melakukan pemeriksaan lanjutan di Puskesmas Desa apabila memiliki gejala yang berat,” ujar Veni.

Kepala Departemen corporate comunication &  CSR Astra Tol cipali  Haelly Lusiawati menyampaikan bahwa Kampung Berseri ASTRA di Desa Bongas Kulon merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah dikembangkan oleh ASTRA Tol Cipali sejak tahun 2021.,"Tuturnya.
Lebih lanjut, "Program ini berfokus untuk mengembangkan masyarakat tanpa meninggalkan ciri khas daerah melalui 4 pilar yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan. 

“Posyandu Prima menjadi wujud nyata pelaksanaan program Kampung Berseri Astra di pilar kesehatan. Dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin, harapannya kesadaran menjaga kesehatan dan tingkat kesehatan masyarakat Desa Bongas Kulon dapat terjaga,” tutup Haelly Lusiawati.

Pewarta : Agus Hamdan
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ayo Buruan Daftarkan Diri Anda! Bawaslu Subang Rekrutmen Pengawas ADHOC Khusus Panwaslu Kecamatan di Pilkada 2024

Koordinator Divisi SDM organisasi Diklat Bawaslu, ketua Pokja Rekrutmen panwascam pilkada Subang 2024 Imanuddin Subang, JMI – D...