WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

BKAD Kecamatan Godong Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas KPMD dan Pengurus BUMDes Tahun 2023

GROBOGAN, JMI - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan, Menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas KPMD dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tahun 2023 bertempat di Hotel Trio Front One Kabupaten Magelang, Kamis 14/07/2023.

Kegiatan BKAD Kecamatan Godong yang rencananya akan digelar selama dua hari tersebut resmi dibuka oleh Camat Godong Bambang Haryono SH.

Selain dihadiri oleh seluruh pihak BUMDes se-Kecamatan Godong, KPMD, Sekdes, hadir pula Sekcam Godong, Kasi PMD, Pendamping desa termasuk Kepala Desa Godong Zaenal Arifin yang juga tampak semangat menghadiri acara tersebut.

Ketua BKAD Kecamatan Godong Arif Subagyo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Pemkab Grobogan dan Pemdes se Kecamatan Godong yang mendukung terselenggaranya kegiatan pelatihan kali ini. Dan ia berharap, agar pasca kegiatan pelatihan, semua pihak BUMDes yang ada dapat menyerap semua materi dan mengimolementasikannya di desanya masing-masing, tentunya sesuai dengan peraturan yang ada,” Ujar Arif

Kadispermasdes Kab Grobogan Achmad Haryono SH

“Kegiatan ini merupakan bagian upaya dalam menjalin koordinasi antar desa dan dapat dijadikan sebagai perubahan dalam berbagai bentuk bidang yang sangat dibutuhkan. Kiranya Bumbdes di kecamatan Godong semakin baik, khususnya laporan keuangan. Kedepannya petugas BUMDes lebih maksimal lagi beraktifitas pasca menerima pelatihan ini,” Pinta Arif S.

Sementara Camat Godong Bambang Haryono SH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan pelatihan yang di selenggarakan dan di motori oleh BKAD,saya minta agar seluruh peserta pelatihan benar-benar dapat proaktif mengikuti pelatihan Bimtek ini,” tegas Bambang.

Selain Bimtek bisa menambah ilmu dan wawasan tentunya kegiatan ini bisa juga dijadikan ajang silaturahim antar Bumdes, KPMD dan Sekdes sekecamatan Godong dan saya juga berharap agar Bumdes yang ada di Kecamatan Godong bisa cepat berkembang dengan mencari inovasi potensi desa masing-masing dan selalu koordinasi dengan Pemdes, BPD agar bisa selaras dalam memajukan dan mengelola Bumdes nya,” Terang Bambang.

Kadispermasdes Kabupaten Grobogan Achmad Haryono SH dalam sambutannya serta dalam memberikan Pemaparan kepada seluruh peserta pelatihan menyampaikan bahwa, “Bimtek seperti ini memberikan gambaran kepada peserta mengenai pengelolaan teknis pelaksanaan Bumdes yang disertai dengan peran fungsi dari Bumdes masing-masing tentunya mengikut sertakan peran dari Pemdes, dan juga tujuan Bimtek ini pastinya untuk membekali dan meningkatkan pengelolaan Bumdes secara profesional dan mandiri sehingga diperlukan orang -orang yang memiliki kompetensi untuk mengelolanya,” Terang Achamd Haryono

Camat Godong (Bambang Haryono SH)

Apalagi BKAD sebelumnya juga sudah menggelar acara Bimtek di Desa Guci dengan pendampingan terkait kapasitas pengelolaan keuangan yang baik dan juga ditambah study banding kunjungan di Bumdes Graha Mandala di Desa Borobudur Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, dan juga tadi bisa langsung tersambung by phone melalui vidio call oleh Ketua Bumdes Borobudur dengan Pak Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno yang sempat memberikan motivasi kepada teman-teman Bumdes di Grobogan khususnya Bumdes Kecamatan Godong dan itu merupakan momentum yang sangat luar biasa meski tidak secara langsung akan tetapi bisa menambah semangat,” Ujar Achmad Haryono.

Perlu diketahui untuk saat ini kami membuat dan menyusun Perda dan masih kita revisi, kita perbaiki  mengenai perda peraturan daerah terkait Bumdes dengan tujuan agar Bumdes yang ada di Kabupaten Grobogan ini bisa terlindungi saat melaksanakan tugasnya dan melaksanakan kerja sesuai regulasi,” Terang Achmad Haryono.

Selain itu kita juga harus faham tujuan dari pendirian Bum Desa tentunya bisa merujuk di PP 11 tahun 2021tentang Badan Usaha Milik Desa,” Pungkas nya.

Pemaparan yang di sampaikan Kadispermasdes Kabupaten Grobogan merupakan untuk memberikan semangat baru dimana saat ini yang kita harapkan adalah terkait dengan adanya Perda yang mengatur tentang Bum Desa dan tentunya itu sangat diharapkan.

Ketua BKAD Kecamatan Godong Arif Subagyo

Selain itu pengembangan, perkembangan Bumdes di Kabupaten Grobogan masih belum sesuai harapan dan seyogya nya peran Pemerintah Desa bersama unsur Lembaga lain seperti BPD harus melakukan peran aktif baik itu Bumdes yang sudah berkembang maupun yang belum berkembang.

Dalam menggali potensi desa tidak semudah yang di bayangkan tentunya harus benar-benar di perhatikan dari sisi manfaatnya, modal keuangan tidak menjadikan persoalan bila mana Bumdes sudah memiliki sistem manajemen serta pengelolaanya yang jelas.

 

Pewarta: Heru gun
Editor: Saddam Alkhadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Hasil Musorkab Yag di Gelar di Laska Hotel Subang, Ujang Sutrisna Alias Ucok Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum KONI Subang Periode 2024-2029

SUBANG, JMI - Musyawarah Olahraga (Musorkab) Kabupaten Subang Tahun 2024. Ujang Sutrisna alias Ucok Resmi terpilih sebagai ketu...