WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Wah !! 8 September Batas Akhir Juwanto Mengembalikan Dugaan Penyimpanagan DD

LAMPUNG SELATAN, JMI - Kasus dugaan penyelewengan Dana Desa(DD) oleh Juwanto pada saat dirinya menjabat Kepala Desa Rangai Tritunggal, Kecamatan Ketibung memasuki babak baru.

Menurut Aminudin, S.P, salah satu pihak pengadu yang dimintai keterangannya usai menghadap Inspektorat, Rabu, (07/08/2023), menyampaikan berdasarkan keterangan dari Kepala Inspektorat, Anton Carmana, S.E, melalui Khaerul Anwar selaku Irban 5 kepadanya bahwa Juwanto minta waktu sampai tanggal 8 September untuk mengembalikan dugaan penyimpangan DD sesuai LHP dari Inspektorat yang diperkirakan mencapai 170 juta.

Keterangan Aminudin dibenarkan oleh Khaerul Anwar. Menurut Irban 5 itu, pihaknya sudah mengingatkan Juwanto bahwa batas waktu yang sudah ditanda tangani Juwanto sampai tanggal 8 September 2023.

"Iya kita tadi pagi sudah menelpon yang bersangkutan, agar dia tidak lupa bahwa batas waktu yang dia janjikan sesuai pernyataannya, paling lambat tanggal 8 September 2023. Kita tunggu saja, kalau sampai gak ditepati oleh yang bersangkutan, maka kita tidak akan mengingatkan yang bersangkutan lagi. Sesuai dengan ketentuan kita akan langsung limpahkan ke APH dalam hal  Kejaksaan Negeri Kalianda untuk dilakukan prose hukum. Kita  tidak ingin disalahkan dalam hal ini, jadi kita harus tegas," jelas Khaerul Anwar.

Sementara Aminudin, S.P, (FPII) Sukardi (LSM PRL)  dan Hermawan (LPAKN-RI) selaku pihak pelapor mengaprisiasi ketegasan pemerintah Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto melalu Inspektorat. Menurut Aminudin ini merupakan langkah positif yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyimpanagan DD oleh oknum-oknum Kepala Desa yang nakal.

Sementara menurut Aminudin, pihaknya berjanji akan terus mengawal kasus Juwanto sampai tuntas. Kepada masyarakat Rangai Tritunggal, Aminudin berharap agar bersabar sampai batas waktu yang dibuat Juwanto.

Masyarakat diminta tidak membuat gerakan-rekan yang dapat mengganggu stabiltas keamanan masyarakat Desa Rangai Tritunggal. Pihaknya mempercayakan sepenuhnya pada proses yang sedang berjalan.
(Rls/JMI/RED)

Sumber : FPII Setwil Lampung
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Tahapan Coklit Berakhir, KPU Subang Mencoklit 1.200.596 Pemilih Lanjut Tahapan Berikutnya Persiapan Pilkada 2024

Subang, JMI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang dengan bangga mengumumkan bahwa tahapan pencocokan dan penelitian (c...